Foto/Ist.net

PASUNDANNEWS.COM – Gempa bumi berkekuatan 7,1 melanda pantai timur di Fukushima dan sebagian wilayah Tokyo, Jepang pada Sabtu (14/02/2021).

Gempa yang menghasilkan guncangan kuat di sepanjang bagian pantai timur Jepang dan juga di wilayah Tokyo, sejauh ini belum terdapat laporan korban jiwa.

Sebagaimana dilansir The Guardian, Badan meteorologi Jepang mengatakan, gempa terjadi pada pukul 11.08 malam waktu setempat (1408 GMT).

Gempa tersebut berasal dari kedalaman 60 km (37 mil) di Pasifik, di pantai Fukushima, berdekatan dengan pusat gempa di tahun 2011 silam yang memicu tsunami besar dan menewaskan lebih dari 18.000 orang.

Gempa hari Sabtu lalu diikuti oleh gempa susulan, termasuk hentakan berkekuatan 4,7. Akibat dari gempa tersebut terjadi pemadaman listrik pada ratusan ribu rumah di wilayah Tohoku Jepang timur.

Sementara itu, gempa ini juga mengguncang bangunan di Tokyo yang ada di perbatasan selatan Fukushima. Tidak ada kerusakan besar akibat gempa dan tidak ada peringatan tsunami, seperti disampaikan Badan Meteorologi setempat.

Serta tidak ada laporan penyimpangan di fasilitas nuklir Tokaimura. Untuk sementara kereta api di wilayah tersebut pun dihentikan setelah gempa.

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga mengatakan, pemerintah akan mendirikan kantor penghubung khusus untuk berkoordinasi dengan daerah yang terkena dampak.

Sebagai catatan, Jepang menyumbang sekitar 20 persen gempa bumi berkekuatan 6 atau lebih besar di dunia. Gempa bumi terjadi di Jepang karena merupakan salah satu daerah seismik paling aktif di dunia.

Artikulli paraprakKualifikasi Free Fire Wilayah Pandeglang Road To Piala ESI Banten 2021
Artikulli tjetërProdi Biologi FKIP Unigal Sosialisasikan Tanaman Hidroponik kepada Ibu-ibu PKK di Maleber