Foto/Ist.

CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, melakukan sosialisasi dan pembinaan tanaman Hidroponik sayuran sawi hijau kepada Ibu-ibu PKK di Lingkungan Karangsari, Kelurahan Maleber Ciamis.

Ketua Prodi Biologi Unigal Ciamis, H. Warsono mengatakan, sosialisasi dan pembinaan ini dilakukan selama dua bulan dari awal tahap sosialisasi materi, penanaman, monitoring sampai ke pemanenan.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mulai melakukan kegiatan tanaman hidroponik untuk kebutuhan sayur sehari-hari dan penambahan perekonomian keluarga.

“Selain untuk kebutuhan sayuran sehari-hari, budidaya tanaman secara hidroponik ini juga dapat memberikan tambahan pendapatan rumah tangga,” tuturnya.

Menurutnya, tanaman hidroponik ini tidak selalu menggunakan lahan yang luas. Cukup dengan memanfaatkan pekarangan rumah tanaman ini bisa dilakukan oleh siapa saja.

Bahkan tanaman hidroponik ini bisa membuat pekarangan rumah menjadi asri dan nyaman dipandang.

“Setelah pelaksanaan kegiatan ini, ibu-ibu bisa mendapat pengetahuan baru mengenai tanaman hidroponik ini. Sehingga nantinya bisa memberikan manfaat khususnya untuk keluarga mereka,” ucapnya.

Warsono pun berharap, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat dapat mengetahui proses tanaman hidroponik ini secara langsung. Sehingga ke depan masyarakat mampu produktif berperan dalam membangun perekonomian.

“Tentu kita berharap, ke depan masyarakat di kelurahan Maleber khususnya yang diberikan pembinaan bisa konsisten dalam mengembangkan Hidroponik ini” pungkasnya.

Artikulli paraprakGempa Magnitudo 7,1 di Jepang Tidak Memicu Tsunami Besar
Artikulli tjetërHMI Sukabumi Gelar Diskusi Bantuan Sosial Tunai (BST)