Relawan Ciamis Selatan membuka donasi untuk korban gempa bumi di Cianjur Jawa Barat. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Gabungan Relawan Ciamis Selatan membuka donasi untuk para korban gempa Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

“Kami gabungan relawan berinisiatif menggalang donasi untuk membantu para korban yang tertimpa musibah di Kabupaten Cianjur,” kata perwakilan Relawan Ciamis Selatan, Baehaki kepada PasundanNews.com, Selasa (22/11/2022).

Kegiatan aksi galang dana ini juga didukung oleh banyak elemen.

“Ada dari Jabar Bergerak, Tagana dan Sahabat Tagana, Viking Urban, SIGAP, PC Anshor, Damkar, Lazis MU, MDMC, Pramuka Peduli, Pijar PUI dan Pemuda PUI, RAFI, IPM, Karang Taruna Kecamatan, dan masih banyak lagi potensi SAR yang ada di wilayah Ciamis Selatan bergerak membantu para korban di daerah Kabupaten Cianjur,” paparnya.

Baehaki menuturkan pihaknya turut prihatin atas terjadinya gempa berkekuatan 5,6 SR yang menyebabkan beberapa rumah warga dan fasilitas rusak.

Mengingat para warga yang masih berada di tempat pengungsian lantaran takut adanya gempa susulan.

Maka dari itu, pihaknya berupaya membantu dengan melakukan berbagai cara.

Mulai dari membuka donasi, mengirimkan bahan pangan dan kebutuhan lainnya, hingga mengerahkan belasan relawan mendatangi lokasi langsung pada Jumat pagi (26/11/2022).

Baehaki menyampaikan, dengan adanya bantuan donasi ini, diharapkan para korban terdampak bisa memanfaatkan dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ia mengaku aksi galang donasi tersebut dibuka lantaran keprihatinan terhadap para korban di Cianjur.

Sementara itu, sebagaimana mengacu keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), update sementara korban meninggal akibat gempa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berjumlah 268 orang.

Dari 268 orang tersebut, yang sudah teridentifikasi identitasnya sebanyak 122 jenazah. Lebih lanjut, saat ini masih dilakukan pencarian secara terus-menerus sejumlah 151 orang.

“Semoga dalam penggalangan dana ini bisa maksimal dan akan langsung disalurkan kepada para korban,” tandasnya. (Ilham Hidayat/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaJalan Sehat HUT PGRI, Guru Bangkit dan Pulihkan Pendidikan Pasca Pandemi
Artikel berikutnyaMahasiswa Unigal Ciamis Turut Sumbangkan Medali di Porprov XIV Jabar 2022