CIANJUR, PASUNDANNEWS – Memasuki liburan panjang di masa pandemi covid -19, Komandan Kodim 0608/Cianjur Letkol Kav Ricky Arinuryadi, S.H, M.M, bersama Kapolres Cianjur, AKBP Mochamad Rifai, SIK., M. Krim dan jajaran Forkopimda Kabupaten Cianjur melakukan sosialisasi Pencegahan Covid-19 dengan sasaran tempat Wisata dan Perhotelan di wilayah Cipanas Kabupaten Cianjur.
Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav Ricky Arinuryadi S.H, M.M mengatakan, disejumlah hotel dan tempat wisata kawasan Cipanas masih ada yang belum menerapkan protokol kesehatan secara penuh, seperti pihak perhotelan dan tempat wisata di setiap tempat pintu masuk harus mengecek setiap para pekerja dan pengunjung.
“Selain itu juga harus disediakannya alat untuk mencuci tangan disetiap pintu masuk di dalam Hotel dan tempat Wisata,” ujarnya.
Selain itu, setiap memasuki hotel atau tempat wisata, para pengunjung diwajibkan menggunakan masker.
“Kalau ada Pegawai atau pengunjung tidak menggunakan masker, harus diberi tindakan dan disediakan dari pihak hotel dan tempat wisata. Sementara, untuk kawasan wisata, lanjut Dandim, harus ada perbaikan terutama dalam hal menjaga jarak di setiap akan memasuki Hotel dan tempat Wisata. “Menerapkan disiplin kepada pihak pengelola dan para pengunjung agar tetap mengikuti Protokol Kesehatan, agar Cianjur terhindar dari Covid-19,” tukasnya.
Sementara itu Kapolres Cianjur AKBP Mochamad Rifai mengatakan, bersama jajaran forkopimda, telah mendatangi sejumlah hotel dan objek wisata di kawasan Cipanas Puncak untuk mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan bagi pengunjung.
“Kemarin kita datangi para pengelola hotel, restoran dan tempat-tempat wisata di kawasan Puncak. Mereka, kita ingatkan agar ketat dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti kewajiban memakai masker bagi pengunjung dan aturan terkait jaga jarak aman,” tutur Rifai, Jumat (21/8/2020).
Selain itu, pihak pengelola juga wajib menyediakan fasilitas cuci tangan yang mudah dijangkau oleh pengunjung. Ditegaskan Rifai, langkah ini penting dilakukan mengingat banyaknya pengunjung dari luar daerah. “Ini sebagai upaya dan langkah antisipasi jangan sampai terjadi cluster baru (penyebaran Covid-19). Lebih baik memperketat protokol kesehatan,” ujarnya.
Adapun Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengungkapkan, jajarannya akan terus berupaya menjamin agar masyarakat Cianjur aman, dan para pengunjung nyaman, tentunya mesti dilakukan penjagaan yang lebih ketat.
“Saya sudah sampaikan ke pengelola tempat wisata bahwa harus ada perlengkapan seperti hand sanitizer, tempat cuci tangan, dan fasilitas lainnya agar tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Herman.
Selain itu, Herman mengimbau baik tempat wisata, hotel, dan tempat hiburan harus tetap terus dilakukan penjagaan ketat khususnya terkait penerapan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini.
“Kami akan terus melakukan pemantauan selama masa libur panjang ini. Sehingga kekhawatiran tersebut bisa diminimalisir dengan maksimal,” tukasnya. (Fhn)
Artikulli paraprakGenerasi Penyeimbang Satria Sunda Sakti, Salurkan Bantuan untuk Masjid Melalui Kegiatan Baksos
Artikulli tjetërPerluas Pasar di Jawa Barat, Maxim Tambah Area Operasi di Sukabumi