Istimewa

PASUNDANNEWS.COM – Melewati sejumlah penyaringan dan seleksi dengan 112 kontestan, Muhammad Firas Syafiq, siswa kelas XII SMA 1 Anjatan akhirnya terpilih menjadi Best Winner Duta GenRe 2020 Kabupaten Indramayu kelas putera.

Di kelas puteri terpilih Devana Navisah, mahasiswi Institute Pertanian Bogor (IPB), pada Grand Final Duta GenRe Kabupaten Indramayu di Gor Mama Sugra, Rabu (30/9/2020).

Kedua Duta GenRe 2020 Indramayu tersebut, Syafiq dan Devana selanjutnya akan kembali berjuang untuk pemilihan Duta GenRe di tingkat yang lebih tinggi dengan semangat juang dan dedikasi kepada Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Terpilihnya Syafiq menjadi best winner tak hanya membuat orang tuanya Emi Munawaroh dan Asmuni bangga, tetapi juga sekolahnya SMA 1 Anjatan. Apalagi diketahui dominasi peserta pada pemilihan Duta GenRe Indramayu sudah duduk di bangku kuliah. Sedangkan Syafiq baru kelas XII SMA.

Tergerak dari keadaan lingkungan yang dihadapkan oleh beragam permasalahan remaja, Syafiq yang aktif sebagai Wakil Ketua Kominitas Pemuda di Haurgeulis Indramayu, menaruh perhatian lebih terhadap kehidupan remaja. Dari situ dia memulai langkah dengan mengikuti ajang pemilihan Duta GenRe Kabutaen Indramayu tahun 2020.

Syafiq daftar bersama teman sekolahnya Nanda Resty Fauzi di kelas puteri. Kendati di kelas puteri Nanda tidak keluar sebagai best winner, namun dia berhasil merebut tropi kategori Best Sosial Media. Dua prestasi ini membuat citra SMA 1 Anjatan terangkat di ajang tersebut.

Tahapan yang dilalui Syafiq tidak mudah, ada 112 peserta yang diseleksi menjadi 10 putera dan 10 puteri untuk menjadi finalis. Kemudian dia harus mengikuti proses pra karantina selama tiga hari dan proses karantina selama empat hari.

“Pada saat karanita saya harus belajar speech, network, dan subtansi GenRe itu sendiri, itu tahapan yang menurut saya paling sulit. Apalagi selama karantina sikap kita diawasi dan dinilai,” kata Syafiq, Kamis (1/10/2020).

Duta GenRe adalah figur motivator remaja. Program GenRe dikembangkan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja dengan berbagai pemahaman pendewasaaan usia perkawinan.

Pendewasaan usia perkawinan tersebut didalamnya mencakup bagaimna remaja mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir secara terencana serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Untuk menggencarkan sosialisasi dan keberhasilan program tersebut, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja melalui ajang pemilihan Duta GenRe.

Mereka yang terpilih adalah pemuda unggul, berawawasan, berjiwa sosial, mampu berorganiasi dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di persaingan global.

Duta GenRe ini harus mampu bertemu dengan orang banyak diusianya dengan misi yang sama terhadap kehidupan remaja yang terencana.

Selain itu juga Duta GenRe menjadi konselor sebaya, hal ini karena seusia remaja cenderung lebih memilih bercerita permasalahan kehidupannya dengan teman sebaya.

Pemilihan Duta GenRe 2020 Indramayu diselenggarakan oleh Forum Pusat Informasi dan Konseling (ForPIK) remaja atau disebut juga Forum GenRe Kabupaten Indramayu dibawah binaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Indramayu dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). (Redaksi/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakBupati Ciamis Kunjungi BNPB, Upayakan Bantuan Korban Gempa 2017
Artikulli tjetërTren Covid-19 Meningkat, Dispar Ciamis Imbau Pengelola Wisata Tingkatkan Kewaspadaan