Beranda Ciamis Bupati Ciamis Kunjungi BNPB, Upayakan Bantuan Korban Gempa 2017

Bupati Ciamis Kunjungi BNPB, Upayakan Bantuan Korban Gempa 2017

BERBAGI
Foto/Dok. Humas Pemda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya melakukan kunjungan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) guna mengkonsultasikan bantuan korban gempa 2017.

Kedatangan Bupati Ciamis diterima langsung oleh Kepala BNPB Doni Monardo di ruang kerjanya, Kamis (1/10/2020).

Pada kesempatan tersebut, Herdiat menyampaikan aspirasi masyarakat Ciamis yang menanyakan bantuan gempa 2017.

“Kami ingin mengkonfirmasi terkait bantuan gempa 2017 yang sampai saat ini belum cair dan diterima oleh masyarakat,” kata Herdiat.

Kepala BNPB, Doni Mandoro menyarankan Pemkab Ciamis untuk melengkapi usulan. Selain itu juga, pernyataan bencana untuk pengurusan pencairan bantuan.

“Kita menunggu, data kelengkapan administrasi harus ditempuh, untuk menindaklanjuti permasalahannya,” kata Doni.

Pihak BNPB akan segera membuat SPO dan diurus selanjutnya oleh Deputi III BNPB dalam penyelesaian terkait bantuan gempa yang dikonsultasikan.

Sebelumnya diberitakan, warga masyarakat Kecamatan Pamarican yang tergabung dalam Forum Peduli Gempa Pamarican (FPG-P) mempertanyakan dana bantuan bagi korban gempa tahun 2017.

FPG-P yang didampingi APDESI Ciamis kemudian melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra di Kantor Setda Ciamis guna membahas hal tersebut.

Pasca pertemuan, Wabup Ciamis Yana D Putra mengatakan pemkab Ciamis akan menyampaikan langsung aspirasi tersebut kepada BNPB pusat dan akan berupaya dengan APBD-nya untuk memberikan bantuan sesuai dengan aturannya.

Herdiat Sampaikan Kondisi Penanganan Covid-19 Ciamis

Selain mengkonfirmasi masalah batuan gempa 2017, Bupati Herdiat juga menyampaikan terkait penanganan Covid-19 di Ciamis serta kekurangan-kekurangan yang menjadi kendala.

Herdiat menyampaikan tren kasus positif Covid-19 di Ciamis yang terus mengalami kenaikan. Namun keterbatasan alat tes PCR menjadi kendala.

Bupati juga menyampaikan kebutuhan peralatan taktis lainnya untuk mengoptimalisasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Ciamis. (Hendry/Pasundannews.com)

BERBAGI