Dua Varian Vaksin Ini Ampuh Lawan Covid-19 Varian Delta dan Kappa
Dua Varian Vaksin Ini Ampuh Lawan Covid-19 Varian Delta dan Kappa (Poto: Pixabay)

Pasundannews – Dua varian vaksin yakni AstraZeneca dan Pfizer ampuh menangkal Virus Corona varian Delta dan Kappa.

Sebelumnya di ketahui bawha virus varian Delta pertama  di temukan di India. Kini varian baru virus corona sudah muncul di telinga masyarakat yakni varian Kappa.

Ketua Satgas Covid-19 sekaligus Ahli Spesialis Penyakit Dalam Profesor Zubairi Djoerban mengatakan. Virus jenis Kappa juga berasal dari dari India yang di temukan pada tahun lalu. Menurutnya justru varian Delta justru lebih baru.

“Virus jenis Kappa sudah menular setidaknya di 41 negara termasuk Inggris dan Australia,” kata Zubairi Djoerban, Seperti di lansir dari Jawapos.com, Sabtu (3/7/2021).

Menurut Prof Zubairi varian yang paling berat yakni varian Delta dari pada varian Kappa. Varian Kappa menurutnya lebih dulu menyerang manusia dan banyak orang Australia yang terpapar varian tersebut.

“Yang harus di antisipasi itu varian Delta. Varian ini lebih ganas dan serius dari varian Kappa,” jelas Prof Zubairi Djoerban.

Menurut Prof Zubairi ada dua vaksin yang saat ini mampu menangkal kjedua varian tersebut. pertama AstraZeneca dan Pfizer. AstraZeneca efektif melawan sampai 92 persen. Sedangkan Pfizer sedikit lebih tinggi 96 persen dan efektif menangkal varian Delta.

“Ternyata dari penelitan kita kedua vaksin ini bisa menangkal keduanya termasuk virus Delta yang lebih berat,” tandas Prof Zubairi.

*Agung*

Artikulli paraprakPelaku Perjalanan di Masa PPKM Darurat Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin
Artikulli tjetër3 Jenis Sayur Ini Ampuh Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi