Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis menerima apresiasi program Bank Sampah Induk dari Gubernur Jawa Barat. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – DPRKPLH Ciamis kembali menorehkan prestasi tingkat Provinsi Jawa Barat, yakni menerima apresiasi program bank sampah induk dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Penyerahan penghargaan bertempat di Gedung Sate Bandung dalam acara Kelola Sampah Berbasis Digital Menuju Jabar Juara, Rabu (5/5/2021).

Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Taufik Gumelar menerima langsung penghargaan tersebut.

“Ciamis menjadi wakil tujuh kabupaten/kota karena dinilai oleh provinsi Jabar bahwa dalam pengelolaan sampah mengalami peningkatan signifikan,” kata Taufik.

Taufik mengungkapkan, Jawa Barat dengan misinya menuju Jabar Juara sangat konsen dengan pengelolaan sampah di Kabupaten/Kota.

“Tentu apresiasi ini bisa bermanfaat untuk terus pengembangan potensi khususnya dalam pengelolaan sampah di Ciamis,” ungkap Taufik didampingi Kabid Kebersihan Giyatno.

Oleh karena itu, Ia mengajak masyarakat untuk mengelola dan memilah sampah mulai dari rumah.

Dengan memilah dan memilih sampah, kata Taufik, masyarakat bisa mendapat penghasilan sekaligus menyelamatkan lingkungan.

“Kemudian bisa menabung sampah di bank sampah unit dan pengelolaan induknya ada di tingkat Kecamatan,” katanya.

Menurutnya, selain lingkungan menjadi sehat, bersih dan bernilai, nabung sampah juga menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan penghasilan.

“Tentu dengan menabung sampah kita bisa terbantu untuk meringankan kebutuhan sehari-hari. Apalagi saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.” ucapnya.

Dalam acara tersebut, Bank Sampah Al Huda Situmandala Rancah Ciamis berkesempatan melakukan audiensi dengan Gubernur Jabar secara virtual.

Kapala Desa Situmandala beserta jajaran pengurus Bank Sampah Al Huda pun turut menyaksikan audiensi.

Dalam acara tersebut juga pemprov Jabar meluncurkan aplikasi digital Octopus. Aplikasi ini dapat memberikan keuntungan bagi pelestari lingkungan.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat lebih meningkatkan kontribusi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga ataupun sampah lainnya.

Artikulli paraprakAsik!!, Teras Cihampelas Bakal Aktif Lagi Pekan Ini
Artikulli tjetërHMI Ciamis Tagih Janji Politik Herdiat-Yana Ciptakan 10.000 Lapangan Kerja Baru