Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis mendatangi kantor Bupati Ciamis, Kamis (6/5/2021).

Kedatangan mereka melakukan audiensi mempertanyakan realisasi janji politik Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati, Yana D Putra yaitu menciptakan 10.000 lapangan kerja baru.

“Menanyakan sejauh mana realisasi 10 ribu lapangan kerja baru yang merupakan janji politik Bupati dan Wabup dalam RPJMD 2019-2024,” ujar Ketua Umum HMI Ciamis, Dede Aos Firdaus.

Aos mengungkapkan, 10 ribu lapangan kerja baru tersebut merupakan salah satu janji politik Bupati dan Wabup Ciamis dalam program unggulan periode 2019-2024.

“10 ribu lapangan kerja baru ini merupakan 1 dari 11 program unggulan yang mendukung terhadap pencapaian visi dan misinya,” tuturnya.

Menurutnya, kesebelas program unggulan tersebut menjadi angin segar bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Oleh karena itu, pihaknya menanyakan program unggulan tersebut salah satunya 10 ribu lapangan kerja baru.

“Bagaimana optimalisasi dan konsep realisasi program Pemda Ciamis dalam menciptakan 10 ribu lapangan kerja baru,” tanyanya.

Menurut Aos, menciptakan 10 ribu lapangan kerja baru tentu bukan urusan main-main. Mengingat hal ini menyangkut kesejahteraan masyarakat Ciamis.

“Karena kan sesuai dengan visi Bupati dan Wabup Ciamis yaitu Kemandirian Ekonomi Sejahtera untuk Semua,” ucapnya.

Lanjutnya, jumlah masyarakat Kabupaten Ciamis 1.430.262. Dalam catatan RPJMD 2019-2024 tingkat pengangguran terbuka berdasarkan data BPS mencapai 5,66 persen.

“Tahun 2019 saja jumlah penduduk miskin kabupaten Ciamis tercatat sebanyak 79.410 orang,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta Pemda Ciamis melakukan langkah-langkah kongkrit untuk merealisasikan apa yang menjadi program unggulan.

“Apalagi saat ini banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19” ucapnya.

Bupati Herdiat Tekankan 10 ribu Tenaga Kerja, Akan Menindaklanjuti yang Sampaikan HMI

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti apa yang di sampaikan HMI Ciamis.

Herdiat menekankan bahwa janji politiknya bukan membuka 10 ribu lapangan kerja melainkan membuka 10 ribu tenaga kerja baru.

“Kalau 10 ribu lapangan kerja jelas itu hal yang tidak mungkin. Jangankan level kabupaten, di level provinsi dan pusat pun itu berat,” jelasnya.

Herdiat mengungkapkan, jumlah 67 ribu pengangguran di Kabupaten Ciamis berdasarkan data statistik tahun 2017.

“Data itulah yang menjadi dasar kami untuk fokus pada pengangguran dan kemiskinan pada saat Pilkada dulu,” ungkapnya.

Herdiat menjelaskan, pihaknya pun melalui dinas tenaga kerja dan dinas terkait lainya telah melakukan berbagai upaya salah satunya melaksanakan beberapa pelatihan kerja.

Berdasarkan data dari Dinas Tenaga kerja, setiap tahunnya terserap kurang lebih 2000 tenaga kerja dari pelatihan, kemudian menyalurkannya ke berbagai daerah.

Ia pun meminta dukungan dari seluruh elemen dan komponen masyarakat terhadap cita-cita tersebut untuk menjadikan Kabupaten Ciamis lebih maju dan sejahtera.

“Insya Alloh sampai akhir jabatan, kami berkomitmen dan akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai target 10 ribu tenaga kerja” ucapnya.

Artikulli paraprakDPRKPLH Ciamis Terima Penghargaan Bank Sampah Induk dari Gubernur Jabar
Artikulli tjetërTHR Petugas Kebersihan dan Insentif Ketua RT/RW di Ciamis Cair