Tim Adiwiyata Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten (CSAK) 2024 di MTs Al Huda Sadananya Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Tim Adiwiyata DPRKPLH Ciamis mulai lakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten (CSAK) 2024.

Hal itu dilakukan Tim DPRKPLH (Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Lingkungan Hidup) guna lebih memantapkan kesiapan sekolah-sekolah dalam mengikuti program Adiwiyata.

Kali ini, Tim Adiwiyata Kabupaten melakukan Monev di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Huda, Kecamatan Sadananya Ciamis, pada Rabu (24/4/2024).

Menurut Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada DPRKPLH Ciamis, Deasy Ariyanto, kegiatan monev ini sebagai tahapan dari penilaian calon sekolah Adiwiyata.

“Sebelum dilakukan penilaian oleh tim penilai kabupaten, salah satu tahapannya yaitu harus lebih dulu dilakukan monitoring dan evaluasi,” ujarnya.

Menurutnya, monev ini dilakukan untuk memonitor kapasitas sekolah dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah tersebut.

“Jadi nanti kita bisa menemukan kekurangan apa yang ada pada sekolah dan sekolah pun mengetahuinya, sehingga bisa segera di perbaiki,” tuturnya.

Ariyanto menjelaskan, mengenai penilaian Adiwiyata sendiri terdiri dari 2 aspek, yakni aspek administrasi dan aspek lapangan.

“Dari dua kriteria tersebut, sekolah yang bisa mendapat predikat Adiwiyata kabupaten harus mendapatkan nilai minimal 70,” katanya.

Ariyanto menyebutkan, jumlah sekolah adiwiyata di Kabupaten Ciamis hingga saat ini sudah mencapai 155 sekolah.

Yaitu, terdiri dari adiwiyata kabupaten, Provinsi, Nasional dan adiwiyata mandiri.

“Untuk pengumuman sekolah yang mendapat predikat adiwiyata kabupaten tahun 2024 ini, nanti akan dilaksanakan pas upacara hari jadi kabupaten Ciamis,” kata Ariyanto.

Sebelumnya, DPRKPLH Ciamis telah melaksanakan pembinaan terhadap 15 CSAK tahun 2024.

Ke 15 sekolah yang menjadi CSAK tahun 2024 tersebut mulai dari jenjang TK/RA, SD, SLTP hingga SLTA. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKepala Bapenda Ciamis Diundang BI Perwakilan Purwokerto Bahas Percepatan Digitalisasi Daerah
Artikulli tjetërTak Kuat Menahan Beban, Tembok Penahan Tanah Ambrol Ancam Rumah Warga di Maleber Ciamis