Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ciamis, Okta Jabal Nugraha (kiri) saat memberikan piagam penghargaan kepada salah satu peserta Pelatihan Produktivitas Kerja dan Kewirausahaan. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis menutup program Pelatihan Produktivitas Kerja dan Kewirausahaan bagi masyarakat.

Program yang berlangsung selama 14-29 September 2022 ini dikhususkan dengan kejuruan Tata Boga dan Otomotif.

Sebelumnya diberitakan, kegiatan ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun Anggaran 2022.

“Sektor ketenagakerjaan erat kaitannya dengan laju pertumbuhan ekonomi,” kata Kepala Disnaker Ciamis, Okta Jabal Nugraha dalam keterangan tertulis yang diterima Pasundannews.com, Kamis (29/9/2022).

Menurut Okta, pentingnya membangun perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat.

“Untuk itu memiliki peran penting dalam membangun perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat. Terutama potensi unggulan lokal dalam membangun pertumbuhan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Mewujudkan Visi Misi Kabupaten Ciamis

Hal ini sesuai, tambah Okta, dengan arahan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Di samping itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenaga Kerja, telah berhasil melaksanakan program Pelatihan Produktivas Kerja bagi masyarakat.

“Ini merupakan wujud implementasi dari visi misi Bupati Ciamis untuk penyerapan tenaga kerja sesuai dalam rancangan di RJPMD Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

Lebih lanjut, tujuan kegiatan ini tidak terlepas dari peningkatan kompetensi/keahlian bagi angkatan kerja (SDM) dan juga melatih kewirausahaan mandiri baik secara perorangan maupun kelompok bagi masyarakat agar bisa meningkatkan perekonomian.

“Manfaat dan harapan dari program ini dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM serta mendidik dan mengembangkan kewirausahaan bagi masyarakat,” tuturnya.

Sehingga, jelas Okta, penyerapan tenaga kerja menjadi naik. Pendapatan masyarakat meningkat, dan tingkat pengangguran berkurang. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaPembangunan Cileueur River Walk Ciamis Mulai Dirasakan Manfaatnya oleh Masyarakat
Artikel berikutnyaSilaturahmi LLI se Kabupaten Ciamis, Wabup: Jangan Lupa Peran Perjuangan Orang Terdahulu