Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis menggelar sosialisasi Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar). Foto/Istimewa.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Ratusan operator lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Ciamis mengikuti sosialisasi Sulingjar, Rabu (13/9/2023).

Diketahui, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis akan melaksanakan Sulingjar atau survei lingkungan belajar pada 25 September hingga 22 oktober 2023.

Kepala Bidang PAUD dan PNF, Eka Yudha Katresna mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para operator PAUD  menjelang menjelang pelaksanaan Sulingjar.

“Menjelang pelaksanaan survei lingkungan belajar maka kami berkewajiban memberikan sosialisasi ini kepada para operator PAUD di Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan sosialisasi ini juga kata Eka sebagai evaluasi bersama terhadap lingkungan belajar khususnya lembaga PAUD.

“Survey lingkungan belajar PAUD salah satu bentuk evaluasi pada sistem pendidikan yang Kemdikbudristek lakukan pada jenjang anak usia dini,” kata Eka.

Baca Juga : Pengembangan Life Skill Melalui Pendidikan Kesetaraan di Ciamis Terus Dioptimalkan 

Optimimaliasi Perencanaan Pendidikan Berbasis Data 

Eka menjelaskan, Sulinjar ini untuk mengukur proses pembelajaran dan proses pengelolaan yang menunjang pembelajaran pada satuan PAUD.

“Yaitu untuk mengukur proses pembelajaran dan pengelolaan data berbasis komputer dan dilakukan secara daring (online),” jelasnya.

Eka mengatakan hasil Sulinjar ini nantinya akan diolah oleh Kemendibudristek agar satuan PAUD mendapatkan data yang terorganisir dalam bentuk profil pendidikan.

“Sehingga nantinya akan memudahkan satuan PAUD dalam melakukan perencanaan berbasis data,” katanya.

Eka menyebutkan, jadwal pelaksanaan Sulingjar dimulai tanggal 25 September hingga 22 oktober 2023 yang ikuti oleh Kepala dan Guru PAUD.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini para peserta akan memahami tata cara pengisian lembar Sulingjar PAUD agar pembuatan perencanaan lebih terarah.

Selain itu juga untuk memastikan satuan PAUD mendapat pendampingan dalam melakukan perencanaan berbasis data.

Sehingga kualitas iklim pembelajaran akan terukur yang nantinya akan menunjang pembelajaran pada satuan PAUD.

Eka pun berharap setidaknya 95 persen guru PAUD Kabupaten bisa ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan  Sulingjar ini.

“Dengan mengikuti Sulinjar ini, merupakan wujud kongkret dan komitmen satuan pendidikan untuk mau berbenah dan meningkatkan kualitas layanan,” tegasnya.(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPemkab Ciamis Penuhi Panggilan KI Jabar, Agenda Mediasi Sengketa Informasi Publik
Artikulli tjetërSuami Bunuh Istri di Imbanagara, Polres Ciamis Berhasil Ungkap Pelaku