Arie Syahriar Maulana, Kepala Bidang PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) Dinas PUPRP Kabupaten Ciamis. Foto/Hendri.PasundanNews.com.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas PUPRP Kabupaten Ciamis melalui Bidang PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) tengah melaksanakan rehabilitasi irigasi.

Kepala Bidang PSDA-Dinas PUPRP Ciamis, Arie Syahriar Maulana mengatakan program ini bertujuan untuk perbaikan irigasi dan saluran irigasi.

“Semuanya itu dimaksudkan dalam rangka peningkatan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat pada pemenuhan jaringan irigasi,” ujar Arie, Kamis (8/6/2023).

Ia pun mengharapkan agar masyarakat dapat menikmati dan ikut memelihara serta menjaga apa yang sudah dibangun oleh Pemkab Ciamis.

“Hal ini sebagai bentuk pelayanan pemerintah dan kolaborasi bersama masyarakat dalam partisipasinya memelihara hasil pembangunan,” ucapnya.

Ari mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah melakukan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi pada setiap titik se-wilayah Kabupaten Ciamis.

Diantaranya yaitu jaringan irigasi D.I. Anjung (Kecamatan Kawali), jaringan irigasi D.I. Leuwibiuk (Kecamatan Ciamis).

Lalu, rehabilitasi jaringan irigasi D.I. Cikalagen (Kecamatan Cijeungjing), jaringan irigasi D.I. Ciloganti (Kecamatan Cikoneng).

“Selanjutnya rehabilitasi jaringan irigasi D.I. Ciaren (Kecamatan Ciamis), jaringan irigasi D.I. Cicarenang (Kecamatan Baregbeg),” jelasnya.

Ari menambahkan, hal tersebut sebagai upaya antisipasi banjir dan adanya genangan air pada musim kemarau basah yang saat ini terjadi.

DPUPRP Ciamis juga melakukan normalisasi dan pemeliharaan pada setiap saluran air, sehingga saat musim penghujan datang air dapat mengalir dengan lancar

Selain itu juga adanya koordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait, sehingga nantinya ada upaya atau langkah preventif bersama.

“Saat ini masa cuacanya ekstrem dan tidak menentu, kegiatan inipun untuk antisipasi kemarau panjang,” ungkapnya.

Ari menambahkan, pihaknya juga merespon setiap laporan yang masyarakat sampaikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Ketika ada laporan dari masyarakat kita akan langsung koordinasikan dan melakukan penanganannya sesegera mungkin,” tuturnya.

Ari pun mengajak kepada semua pihak untuk dapat berpartisipasi dalam pemeliharaan dan menjaga infrastruktur yang telah pemerintah dan masyarakat bangun.

“Berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi untuk merawat infrastruktur yang ada, agar kita bisa merasakan manfaat dan kenyamanannya,” pungkasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHItman Gelar Aksi Tolak Jalur One Way Sukjadi dan Cipaganti
Artikulli tjetërPolsek Bantarujeg Kembali Gelar Program Gerobak Senyum, Iptu Yayan: Dekatkan Polri dengan Masyarakat