Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia menyerahkan penghargaan peringkat pertama Lomba Desa Wisata Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2023. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Pariwisata Ciamis menggelar Lomba Desa Wisata Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2023.

Selain meningkatkan potensi pariwisata daerah, lomba tersebut juga dalam rangka ikut serta menyemarakan momentum Hari Jadi Ciamis ke-381 Tahun.

Dalam lomba ini, Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis berhasil meraih peringkat pertama tingkat kabupaten.

Selain itu, Desa Jalatrang juga menjadi desa yang tercepat dalam membayar PBB-P2 dengan pokok ketetapan dari Rp 100 juta.

Berkat prestasi tersebut, Desa Jalatrang menerima penghargaan dan hadiah berupa sepeda 1 unit sepeda motor.

Kepada Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia menyerahkan langsung hadiah tersebut usai kegiatan Upacara Hari Jadi Ciamis ke 381 di Taman Lokasana.

Kepala Desa Jalatrang, Dadi Haryadi mengaku bangga dan bersyukur atas penghargaan yang pihaknya terima menjadi juara 1 lomba Desa Wisata.

Sehingga prestasi tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Ciamis.

“Semoga Desa Jalatrang menjadi salah satu rekomendasi tujuan wisata di Kabupaten Ciamis Jawa Barat,” ucapnya.

Ia pun menyampaikan terimakasihnya kepada Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwisata yang telah membina dalam memajukan desa wisata.

Sehingga ke depan desa wisata dapat secara konsisten menjadi salah satu spirit kebangkitan ekonomi masyarakat Ciamis dalam industri pariwisata.

Semua telah bahu membahu dan kompak dengan cucuran keringat mendorong untuk kemajuan Desa Jalatrang.

“Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Desa Jalatrang yang telah bersama-sama membangun kemajuan desa ,” ungkapnya.

Ciamis Masuk Wisata Terbaik tingkat Nasional

Diketahui, Lomba Desa Wisata yang Dinas Pariwisata Ciamis gelar ini diikuti oleh sebanyak 46 desa yang ada se-Kabupaten Ciamis.

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia mengatakan lomba desa wisata ini masuk kepada program pengembangan desa wisata.

Budi menuturkan, kegiatan ini sebagai upaya dalam pengembangan desa wisata Kabupaten Ciamis.

Mengingat Desa Wisata di Kabupaten Ciamis telah berprestasi pada Tingkat Nasional.

Ia pun mengungkapkan, terdapat desa wisata di Ciamis yang menorehkan prestasi, bahkan ada yang masuk kategori terbaik nasional.

“Ciamis masuk ke dalam 75 desa wisata terbaik tingkat Nasional dari 4.456 desa wisata se Indonesia. Tentunya ini menjadi suatu kebanggaan dan memberikan motivasi lebih bagi kita,” ungkapnya.

Budi pun berharap, dengan pengembangan secara berjenjang ini, bisa lebih membuat desa wisata di Kabupaten Ciamis semakin baik lagi.

“Intinya, segala hal yang berkaitan dengan pariwisata desa ini kita ingin kembangkan secara berjenjang, sehingga urut mendongkrak ekonomi masyarakat Kabupaten Ciamis melalui bidang pariwisata,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDPRKPLH Serahkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata di Momentum Hari Jadi Ciamis ke-381
Artikulli tjetërDinkes Pangandaran Kolaborasi bersama Puskesmas Adakan LCC dan Pemilihan Kader Posyandu Teladan