Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) segel Kantor KPU Kota Banjar, Jawa Barat saat menggelar aksi unjuk rasa, Kamis (7/3/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) menggelar aksi unjuk rasa ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (7/3/2024).

Sempat terjadi ketegangan saat mahasiswa akan menyegel pintu KPU Kota Banjar lantaran dihalangi petugas keamanan KPU.

Penyegelan ini buntut dari kekecewaan mahasiswa lantaran seluruh komisioner KPU Kota Banjar sedang berada di luar kota.

“Tidak ada siapapun dan satu orang pun di kantor KPU yang menerima kita, bahwa hari ini KPU Kota Banjar mengosongkan kantor padahal ini hari kerja, dengan alasan semua lagi tugas ke luar kota,” ujar Korlap Aksi, Irwan Herwanto kepada awak media.

Irwan juga mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil pemantauan, ditemukan indikasi kejanggalan terhadap hasil Seleksi Tenaga Administrasi KPU Kota Banjar dengan pengumuman hasil tes wawancara yang dikeluarkan KPU Provinsi Jawa Barat.

“Ada indikasi praktek nepotisme hasil seleksi tenaga administrasi KPU Kota Banjar, dimana ada salah seorang calon dalam seleksi tersebut tidak lolos namun kemudian menjadi pelamar yang terpilih. Untuk itu, makanya kami datang ke sini (kantor KPU Kota Banjar) untuk mengklarifikasi agar KPU Kota Banjar bisa mengevaluasi,” jelas Irwan.

Mahasiswa meminta agar KPU Kota Banjar wajib melaksanakan proses rekruitmen atau seleksi sesuai regulasi yang ditetapkan serta wajib mengedepankan asas keterbukaan, fair, dan berkeadilan.

“KPU Kota Banjar agar segera memberikan klarifikasi terkait permasalahan ini, serta dapat menjelaskan kepada publik terkait regulasi dalam proses seleksi tenaga kerja atau pegawai sekretariat KPU termasuk adanya himbauan yang dikeluarkan KPU Provinsi Jawa Barat, hal ini agar tidak terjadi tumpang tindih dan ketidaksesuaian dalam aturan,” terang Irwan.

Masih kata Irwan, jika penerimaan pihak KPU Kota Banjar masih seperti ini, maka pihaknya akan kembali dan menurunkan massa yang lebih banyak.

“Kami pastikan, kami akan datang kembali ke kantor KPU Kota Banjar dengan massa yang lebih banyak,” tandas Irwan. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSMP IT Nuurussalaam Ciamis Gelar Hiking Rally EXSSIT Tingkat Kecamatan Cipaku 
Artikulli tjetërJaminan Keselamatan Kerja bagi Ketua RT, RW, Anggota BPD dan LPM, Ini Kata Bupati Herdiat