Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat berkunjung ke desa wisata di Desa Selamanik Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis beberapa waktu lalu. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Desa Wisata Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menawarkan pengalaman dan pengetahuan berharga.

Nah, hallo sobat Pasundan, anda sedang galau mencari liburan yang menyenangkan?

Butuh hal-hal baru yang dapat menginspirasi anda? Liburan saja ke Desa Wisata Selamanik, selain menyenangkan, Wisata di Desa Selamanik, anda akan mendapatkan wawasan baru seputar pengelolaan Potensi Desa dan yang lainnya.

Jalan menuju Ke Desa Wisata Selamanik anda akan disuguhi pemandangan suasana perkebunan dan perkampungan yaang asri khas suasana perbukitan.

Desa Wisata Selamanik terletak di Kecamatan Cipaku, Ciamis. Berjarak Sekitar 13 km dari pusat Kabupaten Ciamis, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Desa Wisata Selamanik menjunjung tinggi semangat masyarakat lokal dari 3 dusun yang memiliki potensi, yaitu;

Dusun Kananga, ikon Kampung KB Wijayakusuma dengan edukasi pertanian, perikanan dan yang ditopang oleh Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Tani Hutan.

Selain itu, di Dusun Kananga juga tersedia Wisata Arung Jeram dengan sungai Cimuntur menjadi trek pengarungannya.

Kemudian, Dusun berpotensi lainnya adalah Dusun Cikembang. Terkenal dengan Lembur Berseka Bima Sakti yang menjadi kampung terbersih dan paling tertata.

Menikmati Suasana Panorama Alam yang Menawan 

Kampung ini sering dilalui para pesepeda dan enak menjadi tempat untuk jalan-jalan di sore hari sekedar untuk menikmati alam dan berswafoto.

Di kampung ini terdapat juga sanggar seni untuk para seniman melestarikan budaya, seperti pencak silat, tari jaipong, calung dan yang lainnya.

Kampung Selanjutnya adalah Dusun Selacai. Dusun Selacai merupakan Dusun terluas di sana dan memiliki banyak potensi wisata.

Terdapat beragam spot wisata menarik dan edukatif seperti peternakan kelinci, pusat pabrik pupuk organik, dan Camping Ground yang pemandangannya langsung menghadap Gunung Sawal dan Pemandangan Sawah di daerah perbukitan.

Bagi yang tidak memiliki alat camping, jangan risau perihal tempat istirahat, karena di sana juga terdapat homestay yang nyaman dan khas suasana tradisional.

Tempat wisata dan kegiatan di sekitar Desa Wisata Selamanik mencakup beberapa situs bersejarah dan kegiatan edukasi yang menarik.

Beberapa situs terkenal seperti Buyut Tumenggung Gandu, Buyut Jaga Sakti, Buyut Demang Panggal, Buyut Kanduruan, dan Buyut Daleum Ngasuh merupakan bagian dari daya tarik wisata di daerah ini.

Desa ini juga menawarkan berbagai kegiatan edukasi, termasuk Edukasi Jamur, Edukasi Perikanan, dan Edukasi Peternakan.

Tersedia Homestay dan Banyak Pilihan Kuliner 

Selain itu, Desa Selamanik memiliki beberapa homestay yang sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh masyarakat setempat.

Homestay tersebut bekerjasama dengan Bumdes Sehat Desa Selamanik, dan beberapa di antaranya telah menjalin kerjasama dengan jaringan perhotelan.

Desa ini juga memiliki kekayaan kuliner yang beragam, seperti Dodol Terong, Manisan Terong, Sirup Honje, Keripik, Abon Ikan, dan Fillet Ikan.

Bidang fashion juga tidak ketinggalan dengan produk-produk seperti Humingbad, Kriya, dan Rajutan.

Berbagai seni dan budaya dapat dinikmati di Desa Selamanik, termasuk pertunjukan seni seperti Calung, Angklung, Pencak Silat, Degung, Di Lengser, Mamayang, Dogdog, Singa Lugai, Jaipong, Kacapi, Suling, Celempungan, Karinding, Hadroh, dan Nyekar Bumi.

Paket wisata tersedia dengan destinasi yang menarik seperti Situs Buyut Tumenggung Gandu, Situs Buyut Jaga Sakti, Situs Buyut Demang Panggal, Pasir Caneut, Batu Kopeng, Edukasi Jamur, Edukasi Perikanan, Edukasi Peternakan, dan Kesenian.

Selain itu, ada juga Paket Wisata Edukasi lainnya, seperti Lembur Berseka Bima Sakti dan Kampung KB Wijayakusuma, yang mencakup berbagai destinasi menarik serta kegiatan edukasi yang informatif.

Dengan kekayaan alam, budaya, dan edukasi yang ditawarkan, Desa Wisata Selamanik menjadi destinasi yang menarik untuk dijelajahi.

Untuk pemesanan anda bisa hubungi Media Sosial dan Kontak Instagram ; @dewiselamanik, Tiktok ; @desawisatajalatrang, Facebook ; Desa Selamanik, dan WhatsApp ; 082386786054

Ayo ajak teman-teman anda, keluarga, sanak sodara dan bahkan rekan kerja dan organisasi anda untuk berlibur kesini. Karena Desa Wisata Selamanik sangat cocok untuk semua kalangan. Selamat berlibur! (Fajri Syawal/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSMK Al-Ikhsan Pamarican Ciamis Gelar Pelantikan Pramuka Penegak Bantara
Artikulli tjetërSambut Ramadhan 1445 H, Pemkot Banjar Gelar Pawai Tarhib