Pjs Bupati Cianjur Dr. H. Dudi Sudradjat Abdurachim saat melihat lahan seluas kurang lebih 5 hektar milik Perhutani yang akan menjadi tambak udang di Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun.
CIANJUR, PASUNDANNEWS – Melalui program strategis Presiden RI untuk wilayah selatan, Cianjur kini mengembangkan satu komoditas ekspor udang. Terlebih kini Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui BLUPPD Karawang membangun tempat tambak udang di Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun.
Pjs Bupati Cianjur Dr. H. Dudi Sudradjat Abdurachim, menjelaskan diatas lahan seluas kurang lebih 5 hektar milik Perhutani nanti akan dibangun tempat tambak udang dan digarap anggota LMDH Mandiri Cidaun. Agenda BLUPPD Karawang memiliki target tambak udang LMDH Mandiri rampung di bulan Desember.
“Diharapkan direplikasi para petani udang atau ikan untuk membangun tambak-tambak lainnya terwujud juga. Karena potensinya sudah ada di Kecamatan Cidaun dan sekitarnya,” ujarnya saat diwawancara, usai mendampingi kunjungan kerja Dirjen KKP Dr. Ir. Slamet Soebjakto.
Diakuinya, para kelompok tani LMDH mandiri, akan diberikan model budidaya dan akan diberikan pelatihan pembinaan terlebih. Sehingga sampai pada proses panen dan pengelolaannya bisa maksimal. “Jelas saya menyambut baik pembangunan kluster budidaya udang, diharapkan bisa meninggakatkan ekonomi berkelanjutan di tengah maayarakat,” kata Dudi.
Untuk nelayan pun, di saat-saat tertentu dipastikan akan melakukan budidaya dan potensi ada di masyarakat atau nelayan sendiri. Pasalnya programnya sudah diberikan oleh pihak KKP dalam hal ini BLUPPD dari Dirjen KKP RI.
Baca Juga: Anggota Polres Cianjur Ikuti Rapid Tes, dan Sosialisasikan 3M
“Kegiatan ini moment paling penting, karena Pemkab Cianjur mendapat program kegiatan dari KKP RI. Terlebih tidak semua wilayah kelautan atau perikanan mendapatkannya,” papar Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Cianjur, Winny Parwinia,
Menurutnya, program nasional yang diterima oleh Pemkab Cianjur salah satunya mendapatkan MoU bidang budidaya udang, serta bantuan benih ikan untuk kelompok tani ikan cidaun. Sedangkan untuk jenis komoditas perikanan laut yang menjadi komoditas ekspor unggulan adalah udang.
“Kita akan kembangkan di Kabupaten Cianjur juga membawa manfaat atau peningkatan ekonomi buat masyarakat pesisir,” tandasnya. (Fhn)
Artikulli paraprakManchester City Memetik Kemenangan Atas Porto Skor 3-1
Artikulli tjetërBupati Ciamis Hadiri Acara Penutupan Ziarah Waliyullah Muassis NU