Penulis: Yuda Yudinto, S.Pd (Guru Ekonomi SMAN 9 Bandung)

PASUNDAN NEWS – Perkembangan gadget dan aplikasi yang ada di dalamnya meningkat seiring dengan perkembangan teknologi di era digitalisasi.

Salah satu aplikasi yang berkembang dan paling banyak didownload oleh pengguna smartphone adalah game online.

Berdasarkan wawancara awal yang dilakukan di beberapa sekolah terhadap siswa, hasilnya banyak siswa suka bermain game online.

Game online yang dimainkan pun bervariasi. Siswa yang suka bermain game online menghabiskan waktu untuk bermain game online dalam jangka waktu yang berbeda dalam sehari.

Alasan siswa suka bermain game online karena merasa bosan belajar. Siswa yang suka bermain game online juga memiliki nilai atau hasil belajar yang bervariasi.

Menurut hasil penelitian penulis diperoleh hasil bahwa game online mempunyai dampak negatif terhadap hasil belajar siswa yaitu siswa kurang mampu dalam mengingat materi pembelajaran.

Selain itu, sulit memahami materi pembelajaran yang diterima di kelas, mengalami kesulitan dalam hal materi penalaran.

Kemudian siswa sering berkata kotor, sering melamun di dalam kelas, tidak fokus terhadap pembelajaran. Kurangnya reflek siswa terhadap sesuatu yang terjadi.

Selanjutnya, siswa tidak tepat waktu dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas, serta tidak bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru.

Oleh karena, itu perlu ada kerjasama antara orang tua dan guru sekolah dalam mengawasi dan membatasi siswa bermain game online.

Berdasarkan temuan di lapangan, berikut nama game online favorit siswa.

Roblox

Mobile Legend

Free Fire

Sakura School

Minicraft

PUBG

 

 

 

 

 

Artikulli paraprakDiskominfo Gelar Mini Soccer bersama Jurnalis Ciamis
Artikulli tjetërInfrastruktur Daerah Perbatasan KBB Jadi Fokus Hengki Kurniawan