Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat membuka kegiatan event WJAOR (West Java Adventure Offroad) ke-XXII tahun 2023. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kabupaten Ciamis menjadi tuan rumah penyelenggaraan event WJAOR (West Java Adventure Offroad) ke-XXII tahun 2023.

Hal ini dilatarbelakangi lantaran Kabupaten Ciamis dikenal dengan suasana alam dan pegunungan yang asrinya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pun secara resmi turut melepas pelaksanaan WJAOR bertempat di Halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, pada Kamis (28/9/2023).

Ketua panitia, Alamsyah menerangkan kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari.

Dengan rangkaian perjalanan yang melewati 5 desa di Kabupaten Ciamis dan berakhir di kantor Dishub (Dinas Perhubungan) Ciamis.

“Kegiatan ini merebutkan piala Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati Ciamis, Disbudpar Jawa Barat, Piala WJAOR serta door prize satu unit mobil offroad,” ujar Herdiat.

Alamsyah menerangkan, peserta dipilih secara selektif melalui uji kendaraan atau scrut terlebih dahulu sehari sebelum pelaksanaan WJAOR dimulai.

“Semua peserta sudah mengikuti semua tahapan seleksi. Untuk semua peserta semoga bisa menjaga keamanan, ketertiban saat melewati rute jalan raya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Ajat Sudrajat menerangkan jumlah peserta yang mengikuti event WJAOR.

Adapun kepesertaan turut diikuti dari berbagai daerah di Indonesia dengan jumlah 140 pendaftar dan 20 tamu undangan atau VVIP.

“Alhamdulilah peserta yang hadir cukup banyak. Semoga bisa menjaga ketertiban dan keamanan saat melalui rute yang sudah tersedia,” harapnya.

Bupati Ciamis Apresiasi Kegiatan West Java Adventure Offroad

Ajat mengimbau kepada seluruh peserta agar berhati-hati saat melalui rute perkampungan, hargai warga sekitar baik rute pegunungan dan jalan raya.

Ia juga meminta kepada seluruh peserta, agar bisa membantu perkembangan ekonomi masyarakat dengan berbelanja di stand UMKM yang sudah tersedia di lokasi kegiatan.

“Saat lewat perkampungan harus menghargai pengguna jalan. Jangan buang puntung rokok sembarangan karena kita menggunakan konsep ramah lingkungan,” terangnya.

“Peserta yang membawa uang jangan bawa pulang lagi, tapi harus habiskan di Ciamis,” tambah Ajat.

Sementara itu Bupati Herdiat dalam sambutannya, mengaku bangga terpilihnya Kabupaten Ciamis menjadi tuan rumah WJAOR Ke XXII.

“Terima kasih untuk Ketua Bjb atas kepercayaan Ciamis menjadi tuan rumah. lamat datang untuk para OPD dari provinsi Jabar serta offroader yang hadir dari berbagai daerah yang ada di Indonesia,” papar Herdiat.

Kegiatan ini, menurutnya, bukan hanya ajang balap atau offroad saja, melainkan silaturahmi sesama pecinta mobil offroad.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita bisa melepas penat, bisa happy dan enjoy dengan suasana alam asri di Ciamis,” harap Bupati Ciamis.

Ia pun mengimbau seluruh pengemudi agar berhati-hati jaga keselamatan pribadi, masyarakat di sekitar rute, dan jaga ketertiban kebersihan.

“Hati-hati jika melewati area hutan, karena sekarang musim kemarau banyak rumput atau tanaman yang kering. Jangan buang puntung rokok sembarangan,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDKM Al-Ikhlas Batununggul Ciamis Gelar Tabligh Akbar dan Gema Shalawat Bersama Aang Wabarik
Artikulli tjetërPolres Cianjur 2 Pelaku Pembunuhan di Kecamatan Cibinong Diamankan Polres Cianjur