H. Yaya Hudaya, SE. Caleg DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dapil Jawa Barat X (Ciamis, Kuningan, Pangandaran, Banjar). Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Ciamis Creative Festival (CCF) tahun 2023 gelar di kawasan Islamic Center Ciamis.

Rencananya, CCF ini akan berlangsung sejak tanggal 30 Mei hingga 4 Juni 2023.

Dalam kegiatan tersebut Calon Legislatif (Caleg) DPR-RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dapil Jawa Barat X (Ciamis, Kuningan, Pangandaran, Banjar) H. Yaya Hudaya SE memborong produk UMKM yang dijual masyarakat.

Sikap Caleg DPR-RI dari PKB, H. Yaya Hudaya SE tersebut spontan membuat perhatian para peserta UMKM CCF lainnya dan menarik perhatian pengunjung.

Diketahui, salah satu produk yang H.Yaya Hudaya borong  yakni Gula Kawung hasil olahan petani milenial Pamarican Ciamis.

Ketua Petani Milenial Wirayama Alam Lestari Pamarican, Peri Heryanto mengungkapkan, sejumlah produknya yang H. Yaya Hudaya borong itu yakni Gula Kawung (aren) hasil olahan para petani.

“Tentunya kami kaget dan terharu dengan ini semua yang mana hasil pengrajin petani Kawung Pamarican Ciamis ada yang memborong bahkan memperhatikan para petani kawung Ciamis ke depannya,” ungkap Peri.

Selain itu, H. Yaya Hudaya tak hanya memborong hasil olahan pengrajin Gula Kawung, Ia juga memesan produk hasil petani Gula Kawung Ciamis.

“Tentunya kami mewakili petani Gula Kawung Pamarican Ciamis menghaturkan terima kasih banyak kepada H. Yaya Hudaya,” ucapnya.

Pery pun turut mendoakan apa yang H Yaya Hudaya rencanakan bisa terwujud.

Sehingga ke depan Pery berharap adanya perhatian lebih untuk para pengrajin Gula Kawung Pamarican serta UMKM lainnya Kabupaten Ciamis

“Beliau memborong dengan total belanja sekitar 2 juta lebih. Alhamdulilah mimpi dan harapan kami lebih maju kiranya akan cerah dengan sikap beliau,” ujarnya

Komitmen H Yaya Hudaya Mendongkrak Ekonomi Warga

Sementara itu Caleg H. Yaya Hudaya menyebutkan, perhatian dan aksi memborong Gula Kawung hasil pengrajin gula warga Pamarican ini bisa dilihat peluang prospek ke depannya.

“Ini semua potensi ekonomi luar biasa yang bisa kita kembangkan dimana dengan pengembangan potensi Gula Kawung ini saja bisa meningkatkan perekonomian warga, khususnya para pengrajin itu sendiri,” ungkap H. Yaya Hudaya.

Sedangkan alasan untuk memborong Gula Kawung dalam gelaran CCF tersebut, H Yaya Hudaya menjelaskan bahwa itu semua bukan untuk sekedar dikonsumsi pihaknya.

“Sebagian nanti akan kami salurkan ke kelompok-kelompok pemuda atau Karang Taruna dan warga masyarakat lainnya untuk diolah berbagai makanan yang salah satunya untuk dibuat kecap unggulan dari Gula Kawung ini,” ungkapnya.

Sehingga, kata H. Yaya Hudaya, ke depan warga akan memiliki keterampilan membuat kecap berkualitas.

“Konon hingga saat ini di Ciamis ada produk kecap unggulan yang saat ini mulai meredup. Kiranya melalui hal ini bisa mengembalikan kecap berkualitas Ciamis maju lagi,” imbuh Yaya.

Sementara itu, sebagiannya lagi akan dibawa sebagai sample untuk dipasarkan lebih jauh lagi yang tidak menutup kemungkinan bisa diekspor.

“Terus terang saja setelahnya ini saya akan bawa Ke PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) sebagai BUMN Indonesia yang mana dikenal di luar negeri sebagai Indonesia Trading Company, yang menjadi trading house dan bergerak di bidang ekspor, impor, dan distribusi,” papar H. Yaya Hudaya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAgun Gunandjar Fasilitasi Pembangunan Masjid Agung Al-Qausain Banjarsari, Kembali Serahkan Bantuan Tunai 500 Juta
Artikulli tjetërSMK 1 Muhammadiyah Banjarsari Ciamis Raih Juara Bulutangkis Tunggal Putri tingkat Kabupaten