Partai Demokrat, PDI Perjuangan dan Golkar di Kabupaten Ciamis adakan pertemuan dengan brand Ngopi (Ngobrol Politik). Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Partai Demokrat, PDIP Perjuangan dan Golkar di Kabupaten Ciamis adakan pertemuan dengan brand Ngopi (Ngobrol Politik).

Pertemuan tersebut bertempat di salah satu cafe Ciamis, Minggu (21/8/2022).

Untuk diketahui, dari ketiga ketua partai yang menggelar pertemuan khusus ini, diinisiasi melalui DPC Demokrat Ciamis.

Ketua DPC Demokrat Ciamis, Anjar Asmara mengatakan pertemuan ini merupakan salah satu komitmen para Ketua Partai Politik dalam menjaga komunikasi.

“Ini hanya pertemuan silaturahmi, Ngopi (Ngobrol Politik),” katanya saat ditemui di sela-sela pertemuan ketiga Partai Politik di Ciamis. Minggu (21/8/2022).

Adapun pembahasan politik yang dibicarakan, kata Anjar, pertemuan tersebut intinya berbicara tentanf sinergitas, kondusifitas dan kolaborasi politik masyarakat.

“Inti pembahasannya kami membicarakan terkait sinergitas, kondusifitas dan kolaborasi politik masyarakat untuk membangun Ciamis,” katanya.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan Ciamis, Nanang Permana mengatakan pertemuan ini secara kemanusiaan adalah menyambungkan Rahmat.

Kemudian, Nanang melanjutkan, esensi dari pertemuan ini yaitu menyepakati sebuah perbedaan. Menyepakati bahwa setiap Partai memiliki cara yang berbeda.

Politik itu, paparnya, dibolehkan untuk berbeda atau bertengkar asal jangan sampai bermusuhan.

Karena bertengkar yang dimaksud di sini hanya soal beda titik pandang atau beda persepsi pada satu objek.

“Apakah kita menemukan esensi yang sama dalam pertemuan ini? Jawabannya iya kita menemukan persamaan yaitu membangun Demokrasi di tanah air secara damai, membangun kedamaian di tatar Galuh dalam rangka berjalannya pembangunan masyarakat agar lebih sejahtera,” kata Nanang.

Kemudian, Ketua DPD Partai Golkar, Slamet Riana mengatakan pertemuan ini hanya ngopi-ngopi biasa saja.

Adapun pembicaraan politik hanya seputar sinergitas dan kondusifitas Politik masyarakat agar bisa membangun Ciamis lebih maju lagi.

“Tidak ada, tidak ada pembicaraan politik yang serius apalagi membahas Pemilu 2024, tidak ada, tidak ada, kami hanya ngopi-ngopi saja,” katanya.

Persepsi Menjelang Pemilu 2024

Disinggung terkait persamaan persepsi di Pemilu 2024 mendatang, ketiga Parpol ini mengatakan belum bisa memutuskan perihal demikian.

Karena, untuk Pemilu 2024 khususnya pemilihan kepala daerah tentunya ketiga Partai ini akan menunggu terlebih dahulu hasil dari pusat dan pemilihan legislatif yang diselenggarakan sebelum Pilkada 2024 mendatang.

Apalagi dipertegas oleh Ketua DPC Partai Demokrat, pihaknya sebagai Partai koalisi kepala daerah saat ini mengatakan akan menuntaskan terlebih dahulu dengan mengawalnya sampai akhir periode.

“Saat ini kami Partai Demokrat berkomitmen untuk menuntaskan Koalisi Pilkada kemarin, kami sekarang akan mengawal dan menjaga sampai akhir periode Bapak Bupati Ciamis sekarang,” kata Anjar.

Adapun lima poin yang dibahas dalam Ngopi ini diantaranya:

1. Kerja kolaborasi merupakan kata kunci dalam menghadapi tantangan dan dinamika pembangunan dewasa ini yang menempatkan partai politik sebagai promotor dan dinamisator dalam memberdayakan masyarakat.

2. Dalam menyongsong pembangunan Kabupaten Ciamis melalui kontestasi politik perlu mengembangkan semangat kolaborasi yang didasarkan pada ide-ide besar pembangunan.

3. Kolaborasi politik didasari semangat juang, aspirasi, dan kesepahaman bersama atas momentum kepemimpinan politik.

4. Menjadi sebuah kesepakatan bahwa kolaborasi politik ini diarahkan pada upaya membangun sebuah komunikasi politik yang solid, strategis dan taktis untuk mendorong kepemimpinan daerah yang efektif untuk masyarakat Kabupaten Ciamis pada tahun 2024.

5. Kolaborasi politik ini tidak didasarkan pada poros figur kandidat, tetapi lebih mencerminkan poros kekuatan partai politik sebagai bagian dari infrastruktur politik masyarakat. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAMPI Pamarican Ciamis Kolaborasi dengan Masyarakat Meriahkan HUT RI ke 77
Artikulli tjetërBimbingan Implementasi Kurikulum Merdeka di Ciamis Diharapkan Membentuk Profesionalisme Pembelajaran