PASUNDANNEWS.COM, MAJALENGKA – Puluhan orang perwakilan dari berbagai sanggar dan padepokan mengahdiri Forum Silaturahmi Bupati Majalengka dengan seniman dan budayawan. Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M.Mpd mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana seniman dan budayawan Majalengka melestasikan seni dan budaya lokal.

“Guna mengetahui sejauh dan sebanyak apa cara melestarikan kesenian, adat dan Budaya Sunda yang ada di Kabupaten Majalengka,” ucapnya di Gedung Yuda Abdi Negara Pendopo Kabupaten Majalengka, Jln. Jendral A.Yani, Kamis(26/12/2019).

Dalam sambutannya, Karna mengajak para budayawan dan seniman untuk menggali potensi karakter seni tradisional agar terus berinovasi tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

“Memiliki aktualisasi tradisional, karena kita perlu memelihara dan menggali potensi karakter Ketradisionalan agar masa lalu tidak lagi dikatakan jadul,” ujarnya.

Karna menekanan supaya Cagar Budaya tidak terkontaminasi oleh hal hal tahayul atau kemusrikan.

“Kita tidak mau menjadikan situs-situs atau cagar budaya sebagai ajang untuk kemusyrikan atau tahayul tetapi sebagai bentuk penghargaan kita kepada para pendahulu sehingga menciptakan nilai budaya,” tegasnya.(Pasundannews/Rick)

Artikulli paraprakUKM ‘Seni Cempaka Arum’ STIE STMY Majalengka, Gembol Pulang Piala YARD Festival
Artikulli tjetërDiskusi Publik Simulacrum Institute, Arah Milenial Menyambut Pilkada Sukabumi 2020