Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyerahkan sertifikat tanah kepada 492 warga di Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing, Selasa (17/10/2023).

Sertifikat tanah yang serahkan kepada ratusan warga tersebut merupakan program dari PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap).

Penyerahan sertifikat tanah dari BPN (Badan Petanahan Nasional) Ciamis tersebut merupakan program yang laksanakan serentak oleh pemerintah.

Program tersebut bertujuan untuk memberikan jaminan kepastian hukum dan hak atas tanah milik masyarakat.

Herdiat menjelaskan, sertifikat PTSL ini merupakan pencapaian pemerintah dalam mewujudkan pemenuhan hak kepemilikan tanah yang sah dan legal.

Hal ini ungkap Herdiat merupakan wujud konkret terhadap pemberian kepastian hukum kepada warga.

“Sertifikat ini merupakan tanda bukti kepemilikan tanah, berbeda dengan SPPT hanya surat keterangan pajak bumi dan bangunan,” ucapnya.

Herdiat juga mengajak masyarakat untuk senantiasa taat membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Menurutnya, PBB tersebut merupakan salah satu penghasilan daerah yang turut menunjang pembangunan di daerah.

“Setelahnya mendapat sertifikat bapak ibu jangan lupa bayar pajak, karena uang pajak membantu pembangunan di Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia berharap sertifikat tanah ini dapat manfaatkan dengan sebaik-baiknya karena sertifikat ini sangat kuat untuk bukti kepemilikan tanah.

Sementara itu, Kepala Desa Karangkamulyan, Uus Uswandi menerangkan jumlah sertifikat tanah melalui program PTSL ini seluruhnya berjumlah 1782.

Adapun yang diserahkan hari ini merupakan tahap ke dua berjumlah 492 buah sertifikat.

Menurut Uus, program PTSL ini sangat bermanfaat bagi masyarakat utamanya terkait kepemilikan lahan.

Mengingat keabsahan lahan yang dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat dengan nominal yang cukup terjangkau bagi masyarakat.

“Terima kasih kepada Pemda serta seluruh elemen masyarakat, panitia yang sudah bahu membahu membantu terlaksananya program PTSL ini di Desa Karangkamulyan,” ungkapnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBupati Ciamis Tegaskan TNI-Polri Tak Terlibat Politik Praktis Jelang Pemilu 2024
Artikulli tjetërBupati Herdiat Sebut Cabor Bulutangkis Miliki Potensi Besar dalam Membangun Olahraga di Ciamis