Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya meraih penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meraih penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Prestasi tersebut diberikan dalam helatan Baznas Jabar Award tahun 2022 pada Kamis (15/12/2022) di Hotel Pullman Bandung.

Penghargaan serahkan secara langsung oleh Wakil Ketua IV Baznas Jawa Barat, H. Ahmad Faisal kepada Asisten Pemerintahan dan Kesra Ciamis, H. Wasdi yang hadir mewakili Bupati Ciamis.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meraih penghargaan Baznas Jabar Award 2022 untuk kategori Kepala Daerah Peduli Baznas.

Selain itu, Baznas Kabupaten Ciamis juga menerima enam penghargaan dengan kategori eksternal terbaik, nominal pencapaian pengumpulan terbesar,

Selanjutnya rasio peningkatan pengumpulan terbaik, Muzakki individu terbanyak, pengelolaan hal amil terbaik dan komunikasi eksternal dengan Pemerintah Daerah terbaik.

Baznas Ciamis Raih Predikat Juara Umum

Dengan raihan penghargaan dari berbagai kategori tersebut, Baznas Kabupaten Ciamis memperoleh predikat sebagai juara umum pada Baznas Jabar Award Tahun 2022 dengan total 8 penghargaan.

Sebagai informasi, Baznas Jabar Award ini dalam rangka mengapresiasi kinerja organisasi pengelola zakat dan stakeholder yang turut mendukung dan mendorong kebangkitan pengelolaan zakat Jawa Barat.

Serta bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan inovasi bagi seluruh pengelola zakat wilayah Jawa Barat.

Mewakili Bupati Ciamis, H. Wasdi dalam sambutannya menyampaikan bahwa penghargaan ini tidak lepas dari hasil kebersamaan dan kolaborasi

Selain itu juga kemistri dari semua pihak baik Pemda, Baznas, UPZ, Agniya, Muzakki dan seluruh masyarakat Ciamis.

“Tentu capaian penghargaan ini tidak lantas menjadikan kami berbangga diri, akan tetapi menjadi tantangan bagi kita semua untuk dapat mengelola Baznas menjadi lebih baik dan lebih optimal lagi,” paparnya.

Apresiasi untuk Pengelolaan Zakat Tingkat Jawa Barat

Sementara itu, Wakil Ketua IV Baznas Jawa Barat, H. Ahmad Faisal dalam sambutannya menyampaikan tujuan Baznas Jabar Awards.

Baznas Award merupakan salah satu wadah pemberian apresiasi dan penghargaan bagi lembaga pengelola zakat wilayah Jawa Barat.

“Ini adalah upaya pemberian penghargaan terhadap sekecil apapun upaya dan ikhtiar yang Kabupaten Kota se Jawa Barat lakukan dalam hal pengelolaan Zakat,” ungkapnya.

Ia mengatakan jumlah kategori penganugrahan Baznas Jabar Award tahun 2022 ini berjumlah 28 kategori bertambah 17 kategori dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 11 kategori.

“Metode penilaian berbasis self assessment dengan mengisi kuesioner yang kemudian diisi oleh pengelola zakat masing-masing,” terangnya.

Selain itu juga dilakukan verifikasi faktual berdasarkan bukti-bukti yang ada sehingga penilaian sedapat mungkin sangat objektif berdasarkan kriteria dan indikator yang sudah ditetapkan.

“Sehingga penghargaan ini murni semata-mata berdasarkan prestasi dari masing-masing pengelola zakat kabupaten kota se Jawa Barat,” jelasnya.

Diketahui untuk Baznas Jabar Award tahun ini terdapat 74 pemenang kategori dari 109 nominator dan 1 juara umum.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDishub Ciamis Adakan Inspeksi Keselamatan Lalin Jelang Nataru
Artikulli tjetërBKL Husnul Khotimah Dukung Minat Belajar Melalui Sekolah Lansia