Pembentukan Sekolah Lansia oleh BKL (Bina Keluarga Lansia) Husnul Khotimah dan diresmikan oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – BKL (Bina Keluarga Lansia) Husnul Khotimah dukung minat belajar melalui pembentukan Sekolah Lansia.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra secara langsung meresmikan kegiatan tersebut, pada Kamis (15/12/2022).

Untuk diketahui, lokasi Sekolah Lansia berada di Dusun Garahang Desa Tanjungmulya Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Ciamis bersama Ketua LLI Kabupaten Ciamis beserta Camat Panumbangan dan OPD terkait.

Dalam sambutannya Wabup Ciamis mengajak para generasi muda untuk meniru semangat belajar para lansia yang tetap tinggi meski di usia senja.

“Kita harus malu, meskipun sudah lanjut usia mereka masih bersemangat, semangat juangnya harus kita tiru,” ucap Yana.

Ia menuturkan apa yang dilakukan LLI dan jajarannya mengajarkan bahwa yang namanya perjuangan tidak ada akhirnya selama hayat masih dikandung badan.

“Mudah-mudahan apa yang jadi semangat LLI ini tertular pada kita generasi muda,” tuturnya.

Sekolah Lansia Upaya Kesejahteraan

Menurut Yana, berdirinya sekolah lansia ini sebagai perwujudan dari Undang-Undang Nomor 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia.

“Kami berharap dengan adanya sekolah lansia ini, dapat tercipta lansia-lansia yang tangguh di Kabupaten Ciamis,” ungkapnya.

Kemudian, ia juga berpesan agar materi yang disampaikan kepada para lansia tidak hanya materi umum akan tetapi lebih kepada materi kesehatan, materi agama dan materi keterampilan.

“Sampaikan kepada mereka terkait masalah kesehatan, agar bagaimana caranya di usia lanjut mereka dapat tetap hidup sehat,” terangnya.

Selain itu, sambung Yana, materi keagamaan dan keterampilan juga penting. Karena di antara lansia, ia menilai ada yang masih produktif.

“Pemerintah daerah melalui dinas-dinas terkait senantiasa mendukung apa yang menjadi program dan kegiatan para lansia,” pungkasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBupati Ciamis Raih Penghargaan dari Baznas Jabar Award tahun 2022
Artikulli tjetërDemokrat Ciamis Adakan Konsolidasi Pengurus, Anjar Asmara : Jangan Remehkan Emak-emak