Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat memimpin langsung upacara peringatan Hari Santri Nasional 2020, Kamis (22/10/2020), bertempat di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis. Foto/Humas Pemda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya memimpin langsung jalannya upacara peringatan Hari Santri Nasional 2020, Kamis (22/10/2020).

Turut hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Ciamis, Pj Sekda, Ketua DPRD, Kepala Kementrian Agama, Unsur Forkopimda serta para Pimpinan Organisasi Keagamaan Ciamis.

Penetapan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional merujuk pada pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai hari pahlawan.

Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengangkat tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat”.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dalam sambutannya menjelaskan, isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta bahwa dunia sedang dilanda pandemi Covid-19.

“Pengalaman terbaik dari beberapa pesantren telah berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak Pandemi Covid-19,” katanya.

Herdiat menuturkan, tradisi pesantren yang disiplin dan dukungan para pimpinan pesantren telah membuktikan bahwa pesantren memiliki kemampuan menangani tantangan di tengah wabah Covid-19.

Lebih lanjut Herdiat mengatakan, rasa syukur dengan hadirnya Undang – Undang No.18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.

Menurutnya, dengan adanya Undang-undang tersebut membuktikan bahwa negara memberikan rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi kepada pesantren.

“Pemerintah memberikan perhatian yang serius kepada pesantren saat Pandemi Covid-19 dengan memprioritaskan anggaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran di pondok pesantren,” tuturnya.

Diketahui bahwa pemerintah mendistribusikan anggaran sebesar 2,36 triliun untuk memfasilitasi kegiatan di pesantren yang terdampak Covid-19.

Herdiat berpesan agar momentum Hari Santri Nasional 2020 dapat dijadikan pemersatu bangsa.

“Mari kita jadikan Hari Santri Nasional sebagai tombak pemersatu dan menghindari perpecahan. Perpecahan adalah penyebab kelemahan, kekalahan, dan kegagalan di sepanjang zaman,” jelasnya. (Hendry/PashndanNews.com)

Artikulli paraprakBupati Ciamis Hadiri Pelantikan Pengurus NPCI Ciamis Masa Bakti 2020-2025
Artikulli tjetërHasil Europa League: Tottenham vs LASK 3-0