Elon Musk. Foto/Ist. Net

PASUNDANNEWS.COM – Karnataka salah satu wilayah di India menjadi tempat yang dirumorkan akan dibangun pabrik mobil listrik dari perusahaan ternama, Tesla, milik Elon Musk. Kamis (18/02/2021).

Pasalnya, desas-desus ini dikatakan sudah bergulir kencang selama beberapa bulan terakhir. Tetapi, kabar lain tersiar bahwa Tesla, hanya akan berinvestasi untuk kebutuhan penelitian.

Sekaligus juga untuk bahan pengembangan kendaraan listrik, bukan untuk perakitan mobil listrik di India. Electrec menjelaskan, pejabat pemerintah India telah melakukan pembicaraan khusus dengan eksekutif Tesla.

Nantinya, perusahaan di India tersebut bernama Tesla Motors India dan Energy Private Limited. Perusahaan itu tercatat memiliki tiga direktur.

Pada Januari, Tesla sudah masuk ke India melalui sebuah perusahaan baru di Bengaluru. Sebuah ibu kota negara bagian Karnataka di selatan India.

Namun dari laporan itu belum menerangkan apa yang akan dilakukan perusahaan baru Tesla ke depan.

Tesla akan meluncurkan operasinya di India pada awal 2021 ini, sebagaimana dikatakan Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari.

“Perusahaan tersebut akan memulai dengan penjualan. Kemudian berpotensi beralih ke manufaktur dan telah melakukan pendaftaran perusahaan di India pada awal tahun,” ungkapnya.

Diketahui bahwa selain India, Indonesia menjadi negara yang diincar Tesla untuk menanam modal. Namun untuk Indonesia sendiri, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut masih dalam tahap negosiasi.

Dikatakan Septian Hario Seto, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi, bahwa Tesla kemungkinan akan bermuara pada pembuatan baterai.

Mengenai langkah yang telah dilakukan, Tesla disebut baru mengirim proposal kepada pemerintah Indonesia pada awal Februari 2021.

Secara detailnya, Seto bilang bahwa pemerintah masih mendalami proposal, sebelum melakukan pertemuan lanjutan secara daring dengan perwakilan Tesla.

Artikulli paraprakKapolsek Astanaanyar dan 11 Orang Lainnya Tersandung Narkoba
Artikulli tjetërBupati Ciamis Letakkan Bata Pertama Pembangunan Taman Baca di Kawali