Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengikuti Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda Ciamis, Tatang dan unsur Forkopimda dari Aula Rapat Setda Kabupaten Ciamis.

Pelaksanaan upacara di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat dan siarkan langsung pada akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/6/2021).

Dengan mengenakan baju adat dari Tanah Bumbu, Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara. Ia hadir secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor.

Jokowi mengajak masyarakat menjadikan pancasila sebagai pondasi mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurutnya, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Perlu adanya cara baru yang luar biasa.

“Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0,” kata Jokowi

Jokowi mengingatkan, tantangan yang Pancasila hadapi di era globalisasi tidak semakin ringan.

Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi. Termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antara nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi,” ucapnya.

Perkembangan IPTEK Pengaruhi Lanskap Kontestasi Idiologi

Menurutnya, ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi.

Revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog dalam interaksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

Ketika konektivitas 5G melanda dunia maka interaksi antar dunia juga akan semakin cepat.

“Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, semua kalangan, dan usia tidak mengenal lokasi dan waktu,” urainya.

Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi saat ini.

Jokowi juga mengajak kepada seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang di cita-citakan.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucapnya.

Artikulli paraprakMulai 2 Juni, Jam Operasional Cafe dan Restoran Kembali Dibatasi
Artikulli tjetërManfaat Minum Susu Tiap Hari, Kurangi Resiko Sakit Jantung