Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya. Foto/Isrimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan dengan adanya program P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera) bisa berdampak besar terhadap perbaikan kualitas hidup.

Diketahui, program P2WKSS ini terlaksana di Desa Buanamekar Kecamatan Panumbangan dengan secara nyata telah dirasakan oleh masyarakat sekitar desa.

Menurut Herdiat, program P2WKSS adalah inisiatif untuk menciptakan kesetaraan peran antara wanita dan pria.

“Dimana peran wanita diakui sebagai elemen kunci dalam membina keluarga yang sehat dan sejahtera, baik secara fisik maupun mental,” katanya saat menerima Tim Evaluasi Program P2WKSS Provinsi Jawa Barat di sekitar lingkungan Desa Buanamekar, Selasa (28/11/2023).

Kemudian, Herdiat pun memandang bahwa upaya ini perlu dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.

Serta diterapkan secara bertahap hingga tingkat desa, dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, dari RT hingga RW.

“Program P2WKSS dianggap sebagai langkah besar dengan manfaat signifikan bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap program ini dapat menjadi motivasi bagi warga masyarakat untuk memperbaiki kualitas hidup mereka.

Ia menekankan bahwa meraih predikat juara bukanlah tujuan utama, melainkan merupakan bonus atas kerja keras bersama seluruh warga masyarakat.

“Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan fokus pada kesehatan dan pemberdayaan,” katanya.

Ia juga menyoroti pentingnya untuk terus mendorong program-program yang bertujuan untuk mencapai kondisi masyarakat yang lebih baik secara menyeluruh.

“Upaya ini menjadi lebih dari sekadar pencapaian prestasi, melainkan sebuah langkah konkret untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Ciamis,” jelas Herdiat.

Diketahui program P2WKSS ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga di lingkungan pedesaan, diselenggarakan melalui realisasi pemberdayaan keluarga oleh berbagai dinas/instansi terkait.

Program ini sejalan dengan sasaran pembangunan bangsa Indonesia, yaitu untuk menjadikan manusia Indonesia seutuhnya.

Selain itu program tersebut untuk mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan, dimana kaum perempuan dapat turut sebagai subjek pembangunan.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir juga Ketua TP PKK Ciamis serta seluruh Kepala OPD terkait. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPeringati Hari Penanaman Pohon, KPS Ciamis Gelar Aksi Tanam 1.000 Pohon 
Artikulli tjetërPorpemda XV Kuningan, Tim Voli Putra Ciamis Sukses Raih Medali Emas