Panen Raya Jagung di Desa Tanjungjaya, Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Ditengah isu ancaman krisis pangan dunia, Bupati Ciamis bersama Dandim 0613 Ciamis menggelar panen raya jagung.

Kegiatan tersebut berlangsung di lahan PTPN VII Batulawang Lemahneundeut, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Cisaga, Rabu (1/2/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD, Kasiter Korem 062 Tarumanagara, para OPD terkait, Camat Cisaga serta tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan panen raya jagung tersebut merupakan salah satu program Kodim 0613 dalam pembinaan ketahanan pangan Kodim Ciamis tahun 2023.

Dengan bekerjasama bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyebutkan, krisis pangan saat ini menjadi salah satu isu nasional bahkan internasional.

menerangkan bahwa ancaman krisis pangan global saat ini menjadi salah satu isu aktual dan hangat diperbincangkan baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Ketahanan pangan ini harus menjadi perhatian, terutama dalam menghadapi isu global tersebut,” ujarnya.

Meski begitu, Herdiat mengaku tidak khawatir, menginga masyarakat Kabupaten Ciamis, mayoritas bermata pencaharian sebagai petani.

Baca Juga : Tahun 2023, Petani di Ciamis Diberi Jatah Pupuk Subsidi Sebanyak 32.916 Ton

Mafaatkan Lahan Pasif Jadi Lebih Produktif

Ia pun meyakini untuk Kabupaten Ciamis tidak akan kekurangan pangan. Terlebih jika masyarakat Ciamis memanfaatkan lahan pasif manjadi lahan produktif.

Herdiat pun mengapresiasi program pembinaan ketahanan pangan yang Kodim 0613 Ciamis selenggarakan tersebut.

Menurutnya, program tersebut sangat baik dan mulia serta bermanfaat bagi masyarakat.

Melalui program tersebut ungkap Herdiat, tentunya sangat membantu pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan ketersediaan pangan.

“Serta meningkatkan minat masyarakat terhadap pertanian terutama generasi muda untuk berkiprah pada dunia pertanian,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan, program ini merupakan kerjasama antara TNI, Polri dan Pemda Ciamis.

Selain itu juga pada kegiatan tersebut melibatkan Gapoktan dan anak-anak Pramuka Ciamis.

“Bekerja sama dan kolaborasi tentunya. Mendukung pelaksanaan program pemerintah terkait ketahanan pangan,” katanya.

Alfiyan menambahkan, dari total lahan seluas 11 hektare, sebanyak 2 hektare nya sudah tanami jagung.

“Lahan seluas 2 hektare kita sudah tanami jagung. Semoga masyarakat bisa merasakan mafaat dari hasil panen jagung ini” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Ciamis beserta Dandim 0613 menyerahkan secara simbolis Pupuk Bios 44 dan Sembako pada masyarakat dan PPL Kecamatan Cisaga. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakInfrastruktur Daerah Perbatasan KBB Jadi Fokus Hengki Kurniawan
Artikulli tjetërUjikom JPTP Masuki Tahap Wawancara, Rotasi Mutasi  Pejabat di Ciamis Tunggu Rekomendasi KASN