Anak-anak tampak antusias sedang memilih buku bacaan di mobil milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusit) Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bulan Ramadhan perlu diisi dengan hal-hal produktif sambil menunggu adzan maghrib.

Termasuk salah satunya dengan membaca buku guna memperluas wawasan dari jendela dunia.

Kini, di Kabupaten Ciamis fasilitas untuk mendapatkan layanan membaca buku semakin mudah didapatkan.

Pasalnya, pada bulan Ramadhan ada program layanan ‘Ngabaca’ (Ngabuburit Bari Maca) yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Ciamis.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis, H. Dadan Wiadi, menyampaikan bahwa pentingnya menyemarakkan layanan baca bagi masyarakat di ruang publik.

“Kegiatan layanan di bulan Ramadhan ada program ‘Ngabaca’. Ini bisa memfasilitasi masyarakat sambil ngabuburit untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Ciamis,” katanya kepada PasundanNews.com, Minggu (17/3/2024).

Keliling ke Setiap Sudut Daerah

Seperti halnya yang sudah dilaksanakan program ‘Ngabaca’ pada Sabtu 16 Maret 2024 lalu.

Bertempat di Lapangan Kecamatan Cimaragas, tidak sedikit anak-anak serta orang tua yang membimbing anaknya untuk gabung membaca dan belajar bersama.

“Nampak antusiasme kegembiraan masyarakat untuk menyambut dan menghadiri program ini. Semoga bisa menginspirasi dan menular ke sejumlah wilayah lain di Kabupaten Ciamis,” jelas Dadan.

Ke depan, ia berharap dengan antusiasnya masyarakat yang sudah banyak menunggu kedatangan mobil ‘Ngabaca’ keliling, bisa menjadi pemantik untuk kesadaran literasi di Kabupaten Ciamis.

“Semoga semakin menambah minat dan meningkatkan literasi di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.
(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPolres Banjar Gelar Bakti Kesehatan dan Pengobatan Gratis untuk Masyarakat di Purwaharja
Artikulli tjetërPerumdam Tirta Anom Banjar Sambut Ramadhan dengan Berbagi Kebahagian kepada Masjid-Masjid Pelanggan