Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat saat memberikan sambutan pada kegiatan BUBOS dan Koas Nyantri Jawa Barat. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – BUBOS (Buka Bersama On The Street) ke-7 tahun 2023 yang rutin laksanakan tiap tahun pada bulan Ramadhan berlangsung meriah.

Ketua TP PKH Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat turut mendampingi Ketua 1 TP PKK Jawa Barat, Lina Marlina Ruzhan membuka secara resmi kegiatan tersebut, Senin (27/3/2023).

Kegiatan KOAS (Kontes Anak Sholeh) NYANTRI (Nyakola Nata Karakter jeung Pangarti) ini berlangsung di Gedung KH. Irfan Hielmy kompleks Islamic Center Ciamis.

Dalam rangkaian BUBOS ini pun Ciamis dipercaya menjadi tuan rumah untuk babak penyisihan kegiatan Koas Nyantri.

Selain Ciamis, Kota Depok dan Kabupaten Bandung Barat juga menjadi tuan rumah babak penyisihan.

Sementara untuk putaran babak final akan laksanakan di Kota Bandung.

Ketua TP PKK Ciamis pun mengaku bangga terpilihnya  Ciamis sebagai penyelenggara BUBOS 7 tahun 2023 khususnya dalam penyelenggaraan Koas Nyantri.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami bahwa Ciamis sebagai penyelenggara salah satu rangkaian dari kegiatan tersebut,” ucapnya.

Ia pun berharap kegiatan tersebut dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturrahmi, membawa kebaikan dan keberkahan serta wasilah kebaikan-kebaikan selanjutnya.

Diketahui, terdapat sebanyak 9 kabupaten/kota se Jawa barat mengikuti kegiatan tersebut.

Antara lain yaitu Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya Kabupaten Indramayu, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Ciamis

Dalam kegiatan Koas para peserta akan mengikuti empat cabang lomba, yaitu lomba Da’i Cilik (Pidato), Adzan, Hafidz Qur’an dan MMQ (Musabaqoh Murottal Qur’an).

“Saya menyambut baik lomba ini, salah satunya untuk memotivasi anak-anak kita agar semangat mempelajari ilmu agama dengan baik dan memperkuat mental mereka dalam menghadapi sebuah kompetisi,” tutur Ketua PKK Ciamis.

Pentingnya Membina Generasi Bangsa

Ia mengatakan bahwa anak adalah aset penting, generasi penerus bangsa pelanjut syi’ar Islam.

Maka menurutnya perlu adanya pembinaan agar menjadi manusia tangguh dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Oleh karena itu, lanjut Kania, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan harapan tersebut.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, melainkan juga untuk memperkuat ukhuwwah Islamiyah serta berbagi ilmu dan pengalaman,” tutupnya.

Ketua 1 TP PKK Jawa Barat Lina Marlina Ruzhan menyebutkan bahwa BUBOS ini merupakan program kegiatan yang rutin laksanakan setiap tahun.

“Tujuannya untuk menebar kebaikan khususnya pada bulan suci Ramadhan, selain itu juga untuk menjemput berkah dan pahalanya Allah SWT,” ucapnya.

Disampaikannya, bahwa pemenang dari kegiatan ini selanjutnya akan mengikuti final di Gedung Sate dan disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat.

“Nanti para pemenang akan mengikuti final dan langsung saksikan oleh Pak Gubernur,” ucapnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprak‘Rumah Bersama’ di Kecamatan Purwadadi Ciamis Jadi Spirit Kembangkan Potensi Desa 
Artikulli tjetërBupati Ciamis bersama Attaliya Ridwan Kamil Hadiri Koas BUBOS ke-7 tahun 2023