Hernawan, Ketua Umum HMI Ciamis saat memberikan sambutan dalam kegiatan Senior Course tingkat nasional. (foto: hendry)

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Badan Pengelola Latihan Himpunan Mahasiswa Islam (BPL-HMI) Cabang Ciamis periode 2019/2020 menggelar Senior Course (SC) Tingkat Nasional, di Gedung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ciamis, Senin (28/10/2018).

Kegiatan tersebut mengangkat tema Mencetak Instruktur melalui Paradigma Profetik untuk menjadi Role Model bagi Kader HMI.

Pembukaan senior course tingkat nasional ini dihadiri oleh Ketua KNPI sekaligus perwakilan MD KAHMI Kabupaten Ciamis, Tohirin, Kapolres Ciamis, AKBP Bismo, Ketua Umum PC PMII Ciamis, Ketua Umum GMNI Ciamis, Ketua Umum FMI, Ketua BEM se-Kabupaten Ciamis, dan kader HMI Cabang Ciamis.

Ade Ridwan, selaku ketua panitia mengungkapkan jumlah peserta yang mendaftar di SC BPL HMI Cabang Ciamis berjumlah 28 orang, setelah melalui tahap verifikasi peserta yang diterima berjumlah 25 orang.

“Dari 25 orang tersebut yang dinyatakan lulus dan bisa mengikuti forum SC Tingkat Nasional BPL HMI Cabang Ciamis berjumlah 21 setelah Melawati tahap screening,” ungkapnya.

Ade menambahkan, kegiatan SC ini akan berlangsung selama enam hari mulai dari tanggal 28 Oktober 2019 sampai dengan 02 November 2019.

Ketua Umum BPL HMI Cabang Ciamis, Nazar Sunandar mengatakan SC merupakan salah satu proses pelatihan membentuk Instruktur-Instruktur atau guru-guru di HMI hal ini tidak lepas dari peran HMI sebagai organisasi perkaderan.

“Kegiatan ini sangat penting sebagai respon untuk menjawab kebutuhan Instruktur HMI di seluruh Indonesia khsususnya di HMI Cabang Ciamis,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum HMI Cabang Ciamis, Hernawan, mengatakan, HMI Cabang Ciamis di periode sekarang membawa satu gagasan yaitu HMI Profetik untuk menjawab tantangan zaman.

“Melihat pada tantangan global, dihadapkan dengan dunia virtualisasi yang merubah cara pandang kita akan orientasi pada hal-hal yang sifatnya matrealistik dan hedonis,” Ujarnya.

Menurut Hernawan, kepemimipinan profetiklah yang akan mampu menjawab dua permasalahan tersebut.

Perwakilan MD Kahmi Ciamis sekaligus Ketua DPD KNPI Kabupaten Ciamis, Tohirin menyampaikan bahwa seorang instruktur itu harus memiliki karakter dalam bingkai profetik.

“Humanisasi, Liberasi dan Transendensi harus terinternalisasi oleh seorang instruktur di HMI dalam mencetak kader Umat dan Kader Bangsa,” singkatnya.

Setelah acara pembukaan senior course tingkat nasional BPL HMI Cabang Ciamis selesai, acara dilanjutkan dengan stadium generale dengan narasumber Fahmy Farid Purnama. Dirinya dosen IAID Ciamis dan aktif di Lingkar Filsafat, beberapa karya telah dihasilkan salah satunya adalah buku Ontosofi Ibn Arabi.

Artikulli paraprakMomentum Harlah HMPS-PGMI IAID, Kapolres Ciamis Berikan Bantuan Alat Sekolah
Artikulli tjetërIPPNU Jawa Barat Raih Penghargaan OKP Terbaik Tingkat Provinsi