Bikers Brotherhood 1% MC (BB1%MC) Indonesia menggelar aksi Satu Kenalpot Satu Pohon (SKSP) di Bumi Perkemahan (Buper) Blok Werkit Cibeureum, Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bikers Brotherhood 1% MC (BB1%MC) Indonesia menggelar aksi Satu Kenalpot Satu Pohon (SKSP) pada Minggu (19/3/2023) lalu.

Kegiatan yang bertempat di Bumi Perkemahan (Buper) Blok Werkit Cibeureum, Kecamatan Sukamantri Ciamis itu dikemas melalui program Brotherhood For Nature (BFN).

Diketahui, SKSP ini merupakan bagian dari agenda dari TACIBAN Saba Lembur.

Yang merupakan kegiatan rutin dari BB1%MC Chekpoint TACIBAN (Tasik, Ciamis, Banjar, Pangandaran) serta para anggota BFN Regional.

Ilham Purwa Koordinator divisi edukasi dan kampanye publik BFN Indonesia mengatakan, aksi ini merupakan edukasi dan aksi sosial dan kampanye dalam menjaga lingkungan hidup, khususnya menjaga kelestarian hutan.

Ia menyebut, pemilihan tempat di Buper blok werkit karena area tersebut merupakan lahan yang pemerintah desa setempat kelola.

Lokasi tersebut berada di Kawasan hutan penyangga HPT (Hutan Produksi Terbatas) milik PERUM PERHUTANI.

“Dan berada pada wilayah kaki Pegunungan Madati yang membentang membatasi wilayah Majalengka dan Ciamis,” kata Ilham.

Aksi Nyata Bikers Brotherhood 1% MC melalui Program BFN

Ilham mengungkapkan, melalui kegiatan SKSP ini juga  bisa dapat membantu pengelola dalam pengembangan berbasis lingkungan atau konservasi.

“Penambahan tentang wawasan konservasi alam bagi pengelola dan masyarakat, serta implementasi dari aksi nyata produksi oksigen dan reduksi karbon,” kata Ilham.

Adapun tujuan lain dari kegiatan tersebut diantaranya yaitu penghijauan, pengayaan jenis pohon, pelepasan satwa berupa kucing hutan (Felis bengalensis)

“Itu hasil penyelamatan translokasi oleh Member BB1%MC, selain itu juga membantu promosikan lokasi buper ini,” katanya.

Selain selain keluarga besar BB1%MC dan para member BFN, kegiatan ini juga terselenggara atas Kerjasama dari berbagai pihak.

Diantaranya yaitu pemerintah setempat, Polsek, Koramil, para club motor support 22, komunitas generasi muda, dan partisipan lainnya.

Menurutnya, sinergitas lintas sectoral penting lakukan, dalam upaya mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Khususnya atas zat karbon yang keluar dari kenalpot motor ketika digunakan.

Ia pun berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pemerintahan setempat serta masyarakat, dan upaya dalam menebarkan nilai kebaikan.

“Semoga hal kecil yang kami lakukan bisa bermanfaat besar bagi negeri dan inspirasi untuk terus menanam kebaikan,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakJelang Bulan Suci Ramadhan Polsek Bantarujeg Kembali Gelar Ops Pekat Lodaya I tahun 2023
Artikulli tjetërSukseskan Pemilu 2024, Panwaslu Banjarsari Jalin Sinergitas bersama Elemen Masyarakat