Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri acara Syukuran HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi di Lapangan Upacara Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (21/5/2024). Foto/Rizal Fs/Biro Adpim Jabar.

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Bey Machmudin sebagai Pj (Penjabat) Gubernur Jawa Barat turut apresiasi jajaran prajurit di bawah Komando Pangdam III Siliwangi.

Pasalnya, selama ini Kodam III Siliwangi banyak berkontribusi dalam sejumlah bidang pembangunan di Jabar.

Hal itu Bey sampaikan saat menghadiri acara Syukuran HUT Ke-78 Kodam III Siliwangi di Lapangan Upacara Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (21/5/2024).

Selain tugas pokok menjaga stabilitas keamanan, Bey mengapresiasi keterlibatan TNI dalam menjaga lingkungan.

Salah satunya berpartisipasi dalam mewujudkan program Citarum Harum, ketahanan pangan, dan siap siaga bencana.

“Kita tidak menyangsikan lagi bagaimana keandalan Kodam III Siliwangi dalam melakukan operasi militer, bersahabat dengan masyarakat, juga menjaga stabilitas keamanan,” kata Bey Machmudin.

HUT ke-78 Kodam III Siliwangi bertemakan ‘Militan dalam Pertempuran, Terdepan dalam Pembangunan’ diperingati dengan rangkaian acara.

Seperti bakti sosial, dan berbagai kegiatan lain yang digelar serentak di jajaran Korem dan Kodim di bawah komando Pangdam III Siliwangi.

Berkaitan dengan tema tersebut, Bey Machmudin mengusulkan penambahan kalimat sebagai bentuk apresiasi.

TNI Menjadi Komponen Penting yang Selalu Siap Siaga

Pasalnya, Jawa Barat merupakan daerah rawan bencana dan TNI adalah salah satu komponen yang selalu siap siaga memberikan bantuan.

Lalu Bey mengusulkan ‘Militan dalam Pertempuran, terdepan dalam Pembangunan dan Tercepat dalam Kesiapsiagaan’.

“Karena Jawa Barat ini merupakan daerah rawan bencana. Dari Kodam III Siliwangi, juga Polri, BPBD, dan Basarnas, kami merasakan kecepatan dalam tindak kebencanaan baik bencana alam maupun saat terjadi musibah, misalnya tabrakan kereta api,” jelas Bey.

Menurutnya, tanpa peran aktif dari TNI, khususnya yang berada di wilayah Kodam III/Siliwangi, tidak akan terwujud sinergi yang menjadi kekuatan dalam menghadapi tantangan menuju Jawa Barat maju, sejahtera, dan berkeadilan.

Dalam kesempatan itu, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar menyampaikan komitmen untuk terus melaksanakan tugas-tugas pokok TNI yang terkandung di dalam tema.

Baik melaksanakan tugas operasional militer maupun operasional mendukung program pemerintah untuk percepatan pembangunan.

“Kami di basis komando kewilayahan melaksanakan tugas-tugas yang begitu banyak untuk mendukung pemerintah,” kata Fajar.

“Sehingga Jawa Barat dan diharapkan bisa menjadi daerah yang bisa cepat dalam pembangunan, masyarakatnya mencapai kesejahteraan serta mendukung program pemerintah mencapai Indonesia Emas 2045,” kata Fadjar menambahkan.

Di akhir acara, Bey Machmudin menerima penghargaan sebagai pemimpin yang terus berdedikasi dan kolaboratif bersama Kodam III Siliwangi untuk pembangunan di Jabar.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakUpaya Tangani Stunting dengan Maksimalkan Demografi di Jabar, Amanda Soemedi : Jadi Peluang dan Tantangan
Artikulli tjetërJabar Mendapat Penghargaan Opini WTP 13 Kali Berturut-turut dari BPK RI