Ade Saepudin saat menyerahkan granat dan belasan peluru serta magazen pistol kepada Tim Pemeliharaan dan Peralatan Tasikmalaya, Peltu. Apria Hendra di Koramil 1313/Banjar, Sabtu (30/3/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Saat membersihkan kolam ikan warga digegerkan dengan penemuan belasan peluru serta senjata api lainnya.

Seorang warga bernama Ade Saepudin (60) warga Cikabuyutan Timur, Kota Banjar, temukan peralatan perang TNI di sebuah kolam ikan di lingkung Sumanding Wetan, Blok Pabotrekan, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Penemuan itu terjadi pada Sabtu (30/3/2024) siang sekitar pukul 12.30 WIB.

Menurut Ade, kronologi penemuan tersebut berawal ketika ia tengah mengangkat lumpur dari kolam ke daratan.

Namun saat itu tangannya menyentuh benda aneh di dalam kantong plastik yang ternyata berisi peralatan perang TNI.

“Saya terkejut dan segera melapor serta menyerahkan benda tersebut ke Koramil Banjar,” ujarnya sebagaimana keterangan yang diterima PasundanNews.com.

Dengan demikian, barang-barang diserahkan ke Koramil Banjar, diantaranya yaitu satu buah Granat Nanas (aktif) dengan kondisi sudah berkarat dan pengupil masih terkunci, satu buah magazen pistol berisi penuh amunisi, serta enam butir amunisi pistol.

Dalam hal ini, Tim Pemeliharaan Peralatan Tasikmalaya, Bintara Pelatih (Batih) Peltu. Apria Hendra yang datang ke Koramil Banjar membenarkan bahwa granat yang ditemukan masih aktif.

“Ya tadi ada 13 butir peluru, kaliber 9 mm berjumlah 12, dan satu butir peluru berkaliber 7,2 mm, serta magazen dan granat jenis nanas yang masih aktif,” terangnya.

Apria Hendra menambahkan, bahwa pihaknya akan menindaklanjuti penemuan ini secara lebih lanjut.

Langkah-langkah lanjutan akan segera dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat sekitar.

Diketahui, benda-benda yang ditemukan tadi selanjutnya dibawa Tim Pal Tasikmalaya dan akan diserahkan ke Paldam III/Siliwangi Bandung untuk diamankan. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBupati Ciamis Apresiasi Semangat Gotong Royong Warga Bangun Masjid Jami Al-Ikhlas di Panumbangan 
Artikulli tjetërPuluhan Remaja di Kota Banjar Diamankan Petugas Patroli Gabungan Saat Konsumsi Miras