CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Galuh Ciamis menggelar diskusi publik membahas tema ‘Peran UMKM di Era Disrupsi’, Sabtu (30/1/2021).

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 13.00 Wib ini digelar secara virtual dengan mengundang narasumber dari perwakilan Pemda Ciamis Dr. H. Toto Marwoto.

Ketua BEM FE Universitas Galuh Ciamis, Ihsan Fauzan mengatakan, kegiatan diskusi ini bertujuan untuk saling memberi ruang ilmu terkait pandangan peran UMKM di era disrupsi saat ini.

“Hadirnya ruang diskusi ini bertujuan untuk dapat saling memberi pencerahan dan pandangan terkait peran UMKM hari ini,” kata Ihsan.

Menurutnya, saat ini UMKM dihadapkan dengan tantangan baru, yaitu terjadinya pergeseran ekonomi (shifting economy) dalam hal cara produksi, pemasaran, dan pola belanja masyarakat .

UMKM harus tetap tumbuh dan berkembang di era disrupsi ini dengan tetap beradaptasi melalui pemanfaatan digitalisasi.

“Seperti kita tahu, era ini ditandai dengan hadirnya berbagai inovasi, teknologi, dan model bisnis baru,” katanya.

Namun begitu, lanjut Ihsan, di era disruptif ini justru tidak menjadi momok yang menakutkan bagi UMKM. Era ini justru membuka peluang-peluang besar bagi pelaku UMKM.

Seperti halnya perusahaan-perusahaan rintisan inovatif yang menggandeng dan bekerjasama secara kolaboratif dengan para pelaku UMKM.

Dengan menghadirkan marketplace, seperti
Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Sehingga masalah pemasaran yang dulunya dirasa sulit menjadi terminimalisasi.

“Dengan bertransformasi memanfaatkan digitalisasi ini menjadi salah satu kunci agar detak jantung bisnis ekonomi khususnya para pelaku UMKM tetap hidup dan berkembang,” paparnya.

Ihsan pun mengucapkan terimakasih atas kesediaan narasumber untuk berbagi ilmu dan pandangan terkait tema diskusi hari ini.

Semoga menjadi tambahan pengetahuan khususnya bagi mahasiswa, umumnya bagi pelaku UMKM dan masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Terimakasih kepada narasumber dan semua peserta yang mengikuti diskusi ini. Hadirnya ruang diskusi ini diharapkan dapat memberi pencerahan, pandangan dan ilmu yang bermanfaat tentunya,” ucapnya.

Artikulli paraprakResmi Dilantik, Dede Aos Firdaus Pimpin HMI Cabang Ciamis Periode 2020-2021
Artikulli tjetërPatriot Siliwangi Sejati dan Macan Padjajaran Indonesia Bagikan Sembako Kepada Korban Banjir Cimanggung