Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk membangun objek wisata.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra saat menghadiri acara Bedol Kuluwung Situ Rancabala (Bekula) di Desa Cimari Kecamatan Cikoneng, Sabtu (28/5/2022).

Untuk diketahui, Bekula merupakan salah satu kebiasaan atau tradisi masyarakat Desa Cimari dengan turun langsung ke situ secara bersama-sama.

Sebagaimana bertujuan untuk menangkap ikan dalam rangka milangkala Desa yang ke-90.

Yana, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam membangun objek wisata terdapat 5 aspek penting yang harus diperhatikan.

Ia mengatakan bahwa aspek pertama yang harus diperhatikan adalah daya tarik dari tempat wisata tersebut.

“Saya melihat Situ Rancabala ini menarik. Juga memiliki daya jual sehingga sudah pantas dijadikan salah satu objek wisata,” tuturnya.

Aspek kedua, menurutnya adalah, membangun tujuan wisata. Yakni keterjangkauan akses jalan. Kemudian yang ketiga adanya fasilitas pendukung.

“Dengan adanya satu objek wisata tentunya harus ada fasilitas penunjangnya seperti warung-warung, Cafe dan lain sebagainya. Point tersebut tidak bisa dipisahkan dari tempat wisata itu sendiri, ” terangnya.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kelembagaan yang jelas. Serta aspek yang terakhir adalah adanya dukungan dari seluruh warga masyarakat.

“Kelembagaan disini dalam artian pengelolaanya harus jelas. Bahkan harus profesional baik itu oleh Desa maupun oleh Bumdes,” ungkapya.

Menurutnya, tidak cukup hanya sekedar keinginan masyarakatnya. Tetapi, harus dibangun juga kultur wisata dimasyarakat agar wisatawan yang datang bisa merasa aman dan nyaman.

Selanjutnya, ia pun mengucapkan selamat hari jadi untuk Desa Cimari yang ke 90. Harapannya Desa Cimari semakin maju dan masyarakatnya sejahtera.

Sementara itu, Kepala Desa Cimari Riky Aryana mengatakan acara tersebut terselenggara atas kerjasama seluruh pihak. Baik pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, pokdarwis dan seluruh masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai wujud rasa syukur kami dihari jadi yang ke 90. Semoga acara bedol kuluwung Situ Rancabala bisa dilaksanakan secara terus menerus dan menjadi agenda tahunan Desa Cimari,” tutupnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaPorsadin VI Tingkat Kabupaten Ciamis Resmi Digelar
Artikel berikutnyaMuhammad Farhan Raih Juara 1 Pidato PA di PORSADIN VI Kabupaten Ciamis