PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG BARAT- Peringatan Hari Krida Nasional (HKN) yang dihadiri langsung Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman diwarnai kekecewaan dari kelompok tani. Pasalnya pembagian bantuan untuk para petani di Kabupaten Bandung Barat tidak pernah merata.

Ketua Kelompok Tani Tridas Jayasari Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Tihar (48) mengatakan, selama ini bantuan dari pemerintah untuk para petani di Kabupaten Bandung Barat tidak pernah merata dan hanya diberikan pada kelompok tani tertentu yang diduga memiliki kedekatan dengan Dinas.

“Kita udah puluhan taun bertani, tapi belum sekali pun dapat perhatian penyediaan bantuan pertanian padahal mengajukan bantuan udah sering,” ucapnya di Lembang, Jumat (22/03).

Diakui Tihar, pada peringatan HKN pun tidak mendapat undangan sehingga dirinya beserta petani lainnya enggan hadir ke acara yang digelar di Plaza Mekarsari Kompleks Perkantoran Pemda Kabupaten Bandung Barat.

“Kami gak pernah menerima undangan, padahal kami juga butuh bantuan alat pertanian. Jadi tidak ada perwakilan kelompok tani yang datang ke acara tersebut,” ungkapnya.

Dibeberkan Tihar, di wilayah Lembang sendiri banyak petani yang tergabung di kelompok tani akan tetapi tidak seluruhnya mendapat bantuan pemerintah meskipun tidak sedikit petani yang memerlukan bantuan sarana produksi pertanian (saprodi) seperti benih dan pupuk, maupun bantuan alat pertanian (alsintan).

“Nah ini, antar petani sering kali terjadi kecemburuan karena bantuan hanya diberikan untuk kelompok yang itu-itu saja, kalau gini terus, gimana petani kecil bisa maju,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Bandung Barat, Ida Nurhamida menuturkan, pada peringatan HKN ada sekitar 7.000 orang yang mana 6.800 merupakan petani sedangkan 200 orang merupakan aparat dari Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Bandung Barat.

“Kegiatan ini untuk mengapresiasi petani, pekebun, peternak dan nelayan sebagai upaya meningkatkan motivasi dan kegairahan dalam pembangunan sistem dan usahanya serta meningkatkan kepemimpinan dan kemandirian,” tuturnya.

Pada HKN di Bandung Barat sendiri, Andi Amran selaku Menteri Pertanian menyalurkan bantuan berbagai jenis benih, hewan ternak berupa domba dan 200 ribu ekor ayam, serta 1.000 unit traktor jenis impala dan capung. (al/tra)

Artikulli paraprakPramestha Mountain City Gelar Aksi Donor Darah Peduli Sesama
Artikulli tjetërTNI Keliling Kampung, Himbau Warga Agar Tak Golput

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini