Petugas saat mengevakuasi salah satu warga yang terdampak banjir di Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Foto/Ilham Hidayat.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Banjir di Desa Sindangrasa Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis terjadi akibat luapan Sungai Ciputrahaji, Selasa (25/10/2022) malam.

Genangan banjir melanda 13 RT di Dusun Pongporang dan Dusun Pasiripis Desa Sindangrasa.

“Kami mohon bantuan untuk evakuasi warga. Banjir sudah di 13 RT,” ujar Egi Supria Samsu, Kades Sindangrasa Selasa malam.

Kondisi air genangan masih terus meluas, sangat dibutuhkan gerak cepat untuk evakuasi warga.

“Karakter sungainya semakin deras, genangan banjir bertambah meluas. Dan hujan masih turun,” ungkapnya.

Relawan yang berdatangan ke lokasi mulai melakukan evakuasi warga, sejumlah lansia dan anak-anak mulai dievakuasi ke tempat yang aman.

Sebelumnya, relawan terpaksa mengevakuasi lansia dengan cara digendong. Peralatan evakuasi yang tiba di lokasi menjelang tengah malam masih terbatas.

“Evakuasi lansia sudah dimulai,” ujar Uju, relawan Tagana Banjarsari.

Tak lama berselang, tim evakuasi dari BPBD Ciamis sudah meninjau ke lokasi dengan peralatan evakuasi di antaranya perahu karet.

Diketahui, hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Ciamis sejak sore belum kunjung reda jelang tengah malam Selasa.

Terhitung dua SD dan sejumlah masjid serta musola terendam banjir.

Banjir juga menggenangi ruas jalan yang menghubungkan Desa Sindangrasa dan Desa Cigayam dari arah sasak gantung.

Banjir yang dipicu hujan lebat yang turun terus menerus sejak siang menjelang sore, hingga tengah malam Selasa (25/10/2022) tidak hanya melanda Desa Sindangrasa dan Desa Cigayam di Kecamatan Banjaranyar.

Banjir juga melanda Pamarican dan Banjarsari di kawasan Ciamis Selatan tersebut.

Bupati Ciamis Tinjau ke Lokasi

Mendapat laporan adanya banjir di wilayah Banjaranyar, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya langsung cepat tanggap dan meninjau lokasi bencana banjir.

Herdiat turun langsung ke lokasi guna memastikan evakuasi berjalan lancar. Ia pun mengunjungi beberapa titik tempat evakuasi warga. Herdiat langsung menemui dan berbincang dengan Kepala Desa Sindangrasa.

Pemkab Ciamis pun menyiapkan perahu karet untuk mempermudah evakuasi. Sebanyak 2 tangki air bersih dan 100 paket sembako pun telah siap guna penanganan banjir.

Dalam kesempatan tersebut Herdiat Sunarya belum memberikan keterangan resmi. Pihaknya fokus terhadap penanganan banjir. (Ilham Hidayat/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAksi Tanggap Disnakan Ciamis Karantina Ikan Koi dari Tirta Winaya ke BBI Mendapat Apresiasi Warga
Artikulli tjetërSidang Parade Seleksi Prajurit, Upaya Memilih Prajurit Berkualitas