Tampak petugas saat mengevakuasi ikan Koi yang ada di kolam Tirta Winaya Ciamis yang selanjutnya dipindahkan sementara ke BBI Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Aksi tanggap yang dilakukan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ciamis atas koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis mendapat apresiasi warga.

Hal tersebut disampaikan Ketua Paguyuban Perikanan Ciamis (PPC), Hendar mengatakan pihaknya sangat menyayangkan atas terbengkalainya ratusan Ikan Hias Koi di Tirta Winaya Ciamis.

Namun, setelah melihat kondisi kolam yang memprihatinkan, pihaknya langsung melakukan koordinasi bersama Disnakan Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulilah dari pihak Disnakan Ciamis langsung melakukan langkah cepat dengan melakukan karantina kepada puluhan ikan koi yang masih hidup di kolam Tirta Winaya itu,” ujarnya, Selasa (25/10/2022).

Ia membenarkan, bahwa respon Disnakan sangat baik. Hingga melakukan karantina ikan koi ke Balai Benih Ikan (BBI).

“Kita melakukan koordinasi secara langsung bersama pihak Disnakan walaupun itu bukan ranah mereka dan responnya sangat baik dengan melakukan penangkapan kepada ikan koi yang masih hidup untuk dipindahkan ke Balai Benih Ikan (BBI) terlebih dahulu,” jelasnya.

Disnakan Koordinasi dengan Dispar Ciamis

Sementara itu, saat dihubungi secara terpisah, Kabid PDPSP Disnakkan Ciamis, Drh. Yanti Herayani membenarkan bahwa pihaknya melakukan respon cepat ketika mendapatkan laporan bahwa ikan koi yang berada di Kolam Tirta winaya Ciamis tidak terurus.

“Kita mencoba melakukan sebuah koordinasi bersama Dinas Pariwisata Ciamis dan melakukan tindakan dengan menangkap ikan yang masih ada. Lalu ikan tersebut sekarang sudah dikarantina di BBI Ciamis,” terangnya.

Terkait ikan koi yang saat ini sedang di karantina, sambung Yanti, pihaknya akan melakukan koordinasi lanjutan.

Guna memutuskan agar ikan yang masih ada, dilepas kembali ke Kolam Tirta Winaya, atau ke tempat wisata lain karena ranah tersebut ada di Dinas Pariwisata Ciamis.

“Kita juga sedang berupaya melakukan koordinasi bersama pihak Dinas Pariwisata untuk memilih tempat yang cocok agar ikan tersebut hidup dan menjadi daya tarik wisata,” jelasnya.

Sedangkan keterangan dari pihak Dinas Pariwisata, melalui Kepala Bidang Destinasi Wisata, Dian Kusdiana saat dikonfirmasi, belum bisa memberikan komentar apapun terkait ikan koi yang berada di Kolam Tirta Winaya Ciamis. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSukseskan Porprov XIV Jabar 2022, Dishub Ciamis Lakukan Sejumlah Persiapan 
Artikulli tjetërBanjir di Banjaranyar Ciamis, Ratusan Rumah Warga Terendam