Beranda Nasional AQUA Adakan Kunjungan Virtaul ke Pabrik, Upaya Lindungi Air dari Hulu ke...

AQUA Adakan Kunjungan Virtaul ke Pabrik, Upaya Lindungi Air dari Hulu ke Hilir

Diskusi Online Aqua bersama wartawan dari berbagai media dengan tema: "Kunjungan Virtual Pabrik AQUA, Lindungi Air dari Hulu ke Hilir, Lindungi Keluarga Indonesia"
BANDUNG, PASUNDANNEWS – AQUA berkomitmen menjaga kemurnian dan kandungan mineral airnya terlindungi sejak diambil dari sumber air pegunungan, dikemas, dan didistribusikan ke rumah-rumah keluarga Indonesia. Jaminan tersebut disampaikan pada sebuah perjalanan virtual ke salah satu pabrik AQUA di Ciherang, Jawa Barat, yang disiarkan langsung di YouTube SehatAQUA, selasa pagi (18/8/2020).
Perjalanan virtual ini memperlihatkan bagaimana AQUA menjaga sumber air serta ekosistem sekitarnya, melakukan pengemasan tanpa sentuhan tangan manusia, dan memenuhi setiap standar baik nasional maupun internasional dalam upaya menyediakan hidrasi berkualitas dan terlindungi bagi keluarga Indonesia.
Perjalanan virtual tersebut dimulai dengan mengunjungi sumber air AQUA yang berada di Ciherang. Untuk menjaga sumber airnya AQUA telah 2,5 juta pohon di sekitar sumber air AQUA dan turut melestarikan 1.500 spesies flora dan fauna. Kealamian ekosistem sumber air tersebut terlindungi mengalir ke Rumah Sumber Air yang hanya bisa diakses oleh karyawan tertentu.
Pada tahap selanjutnya, diperlihatkan pula proses seleksi dan pembersihan galon AQUA yang kembali ke pabrik setelah digunakan konsumen. Galon-galon tersebut dibersihkan dari kontaminan dengan standar quality control yang ketat sebelum masuk ke proses pengisian.

Selain itu Kunjungan virtual juga diadakan melalui zoom yang dihadiri 25 media, dengan tema “Kunjungan Virtaul ke Pabrik AQUA: Lindungi Air dari Hulu ke Hilir”.
Pada acara tersebut, tidak hanya menampilkan video proses produksi Aqua saja, melainkan diskusi santai dengan 2 narasumber. selain itu peserta di izinkan bertanya kepada 2 narasumber yakni: Eko Hari Purnomo, Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor dan Azwar Satrya Muhammad, Danone-AQUA Water Resources, Nature & Process Technology Director.
“Seluruh produk AQUA secara rutin diuji melalui 400 parameter kualitas untuk menjamin pemenuhan standar keamanan pangan yang telah ditetapkan oleh BPOM. Rangkaian proses yang disaksikan selama perjalanan virtual ini telah mengacu pada Standar Kualitas Internasional ISO 9001. Selain itu, fasilitas produksi kami telah tersertifikasi sistem jaminan keamanan pangan internasional Food Safety System Certification (FSSC) 22000,” jelas AQUA Water Resources, Nature & Process Technology Director Azwar Satrya Muhammad
“Teknologi yang digunakan oleh produsen saat ini, termasuk AQUA, merupakan hasil inovasi selama bertahun-tahun dengan satu tujuan yang sama, yakni memastikan agar produk yang sampai ke tangan konsumen aman dan bermutu. Inovasi pun telah membuat kemasan seperti galon guna ulang ini aman digunakan berkali-kali dan ramah lingkungan karena tidak menambah jumlah sampah,” jelas Pakar Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor Eko Hari Purnomo.
Selain proses pengemasan galon guna ulang, dalam perjalanan virtual ini dijelaskan pula protokol keamanan dan kesehatan (health screening) baru yang wajib ditaati oleh seluruh pekerja di pabrik untuk menjamin keamanan dan kesehatan mereka saat bekerja.
Perlindungan menyeluruh yang dilakukan oleh AQUA dari hulu hingga ke hilir ini dipandang positif oleh Shahnaz Soehartono yang juga menjadi moderator dalam perjalanan virtual ini. Ibu dari satu anak ini juga pernah merasakan rasa kekhawatiran soal keamanan produk konsumsi di tengah pandemi, tetapi setelah mendapatkan informasi yang benar, kekhawatiran itu dapat ditepis.
”Saya berharap informasi ini dapat tersebar luas, hingga para konsumen khususnya para ibu seperti saya, dapat menjadi lebih bijaksana dalam memilih produk air mineral untuk dikonsumsi keluarga. Tidak hanya jaminan kualitas dan keamanan produk, tapi kita juga harus tetap memperhatikan bagaimana produk yang kita beli dapat memberikan manfaat yang lebih baik untuk kelestarian lingkungan hidup, demi masa depan anak-cucu kita.” harap Shahnas.
 (Joe)