Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Aplikasi Galuh Virtual yang merupakan inovasi dari Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis saat ini sudah bisa di download di Google Playstore, Minggu (11/7/2020).

Aplikasi yang memuat informasi sejarah kegaluhan Ciamis ini, mempunyai berbagai fitur yang bisa di akses masyarakat Ciamis baik tentang kebudayaan, kesenian dan galeri foto Kabupaten Ciamis zaman dulu.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan mengatakan, saat ini aplikasi Galuh Virtual sudah bisa di download di Google Playstore oleh masyarakat.

“Alhamdulilah, aplikasi Galuh Virtual sudah bisa di download oleh masyarakat Tatar Galuh Ciamis,” katanya.

Erwan mengungkapkan, aplikasi Galuh Virtual ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Disbudpora untuk mendekatkan kebudayaan Galuh kepada masyarakat.

“Aplikasi Galuh Virtual ini untuk menunjang informasi budaya Ciamis, pariwisata daerah dan referensi bagi dunia pendidikan,” jelasnya.

Menurutnya, di dalam aplikasi ini ada beberapa fitur menu yang bisa di akses masyarakat. Ada beberapa menu yang akan menarik masyarakat untuk mengetahui sejarah dan budaya di Ciamis.

Kemudian, lanjut dia, masyarakat juga bisa menambahkan menu fitur jika ada sejarah atau budaya di daerah Ciamis yang mungkin belum di ketahui kalangan banyak, nanti tinggal hubungi email Disbudpora saja.

“Kalau masyarakat ingin menambahkan sejarah atau budaya yang ada di daerah Ciamis bisa langsung hubungi email kami di bawah kolom, nanti kami langsung mencatumkannya di dalam aplikasi,” tuturnya.

Erwan berharap, dengan adanya aplikasi Galuh Virtual ini mudah-mudahan sejarah dan budaya tatar galuh Ciamis bisa di kenal oleh masyarakat baik dari dalam Ciamis maupun luar daerah Kabupaten Ciamis.

“Mudah-mudahan anak cucu kita bisa mengetahui sejarah dan budaya Ciamis, dan harus bangga menjadi orang Ciamis yang mempunyai sejuta sejarah dan kebudayaan yang tidak akan hilang,” pungkasnya. (Ramdan/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakYayasan Amanah Lestari Hamidah Salurkan Bansos untuk Masyarakat Terdampak Covid-19
Artikulli tjetërWabup Yana Lepas Rombongan Konvoi Bus Wisata Se Priangan Timur