Apel Siaga Bencana di Lapang Golf BBWS Citanduy, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy bersama TNI/Polri dan instansi pemerintah terkait menggelar Apel Siaga Bencana.

Kegiatan apel tersebut berlangsung di Lapang Golf Procit BBWS Citanduy, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).

Apel tersebut diikuti oleh BPBD dari 8 kabupaten/kota se-Jawa Barat dan Jawa Tengah, sepeti dari Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar.

Kemudian, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Kuningan, serta dua wilayah dari Jawa Tengah yakni Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas.

Tak hanya personel, sejumlah peralatan penanganan kebencanaan turut gelar dalam apel tersebut.

Mulai dari peralatan mountainering hingga kendaraan evakuasi penanganan kebencanaan.

Kegiatan apel siaga bencana ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana alam.

Komandan Kodim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, menyampaikan bahwa pentingnya kesiapsiagaan dan sinergi antar lembaga dalam menghadapi bencana alam.

“Melalui apel siaga ini, kita berharap dapat merapatkan barisan dan meningkatkan koordinasi untuk respons cepat dan efektif dalam menghadapi bencana,” ujarnya.

Dandim menuturkan, BBWS Citanduy juga memberikan kontribusi dengan menyampaikan informasi terkini terkait potensi bencana di wilayah tersebut.

Kegiatan simulasi penanganan bencana pun turut dilakukan untuk menguji kesiapan dan respons personel terhadap situasi darurat.

Dandim pun berharap kerjasama BBWS bersama TNI, Polri serta Instasi terkait lainnya bisa meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana.

Menurut kepala BBWS Citanduy, Elroy Koyari, kegiatan apel siaga bencana ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir atau longsor akibat musim hujan.

Seluruh elemen pun lanjut Eljoy bisa dipastikan sudah siap bila terjadi musibah.

“Kami menggelar apel ini untuk mempersiapkan personil termasuk peralatan yang menunjang agar siap menanggulangi bencana alam memasuki musim hujan,” ucap Elroy Koyari kepada awak media.(Hermanto/PasundanNews.com) 

Artikulli paraprakKang Iwan Bule Beri Bantuan Ambulans untuk Layanan Kesehatan Masyakarat di Kota Banjar 
Artikulli tjetërPemilu 2024, Dandim 0613 Ciamis : TNI Tetap Menjaga Netralitasnya