Uun Samsa, Pencipta Lagu Permintaan Api Unggun dan Api Menyala. (foto: Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, GARUT – Siapa yang tidak mengetahui lagu Permintaan Api Unggun? Lagu ini kerap dinyanyikan ketika api unggun hendak dinyalakan. Hanya saja, tidak banyak yang tahu, siapa yang menciptakan lagu tersebut bahkan oleh anggota Pramuka itu sendiri.

Adalah seorang pria paruh baya bernama Uun Samsa yang menciptakan lagu Permintaan Api Unggun. Dia merupakan warga Limbangan Kabupaten Garut. Tahun 1978, ketika masih aktif di gerakan Pramuka, Uun berhasil menciptakan lagu yang sering dinyanyikan anggota Pramuka ataupun setiap kali ada perkemahan.

Walaupun sudah puluhan tahun lagu ini diciptakan dan sering dinyanyikan. Tapi, kurang diketahuinya siapa sosok dibalik pencipta lagu tersebut seolah menunjukan minimnya apresiasi dari pihak-pihak terkait terhadap karya anak bangsa yang melegenda.

“Pada tahun 1978 saya menciptakan lagu Permintaan Api Unggun ini, banyak di Pramuka yang belum tahu,” ucar Uun di kediamannya, Senin (29/10/2019).

Bahkan, Uun tidak hanya menciptakan satu lagu. Pada Tahun yang sama, Uun juga menciptakan lagu yang berjudul Api Menyala yang kerap dinyanyikan saat prosesi api unggun berlangsung. Lagu-lagu ini sengaja diciptakan Uun untuk gerakan Pramuka.

“Ada dua lagu api unggun, yakni sebelum dan saat api unggun. Lagu sebelum api unggun berjudul Permintaan Api Unggun, yang kedua biasa dinyanyikan saat api unggun, berjudul Api Menyala,” tutur Uun.

Uun merasa bersyukur lagu ciptaannya selalu menggema ketika prosesi api unggun. Dirinya mengharapkan lagu tersebut mendapat perhatian dari masyarakat, khususnya anggota Pramuka. Apresiasi dari Pemerintah sangat Uun harapkan, apalagi hingga kini meski telah purna bakti dirinya msih mengabdikan pada gerakan Pramuka.

“Ya, saya berharap lagu ciptaan saya diapresiasi beliau-beliau selaku Mabinas, Mabida dan Mabicab di Pramuka. Mudah-mudahan kita bisa duduk bersama,” harap Uun.

Artikulli paraprakSinergiskan Program Kesehatan, Puskesmas Sukaresmi Gelar Refreshing Kader
Artikulli tjetërBRSPDSN Wyata Guna Bandung Salurkan Alat Bantu Untuk Penyandang Disabilitas Sensorik Netra