Refreshing Kader, Puskesmas Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. (foto: Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, CIANJUR – Guna mensinergiskan program pencegahan stunting, dan Angka Kematian Ibu / Bayi (AKI/AKB) Puskesmas Sukaresmi menggelar refreshing kader Posyandu di Kebun Raya Cibodas, Selasa (29/10). Sedikitnya ada 300 orang kader ikut meramaikan kegiatan.

Kepala Puskesmas Sukaresmi Ajud Maulana menjelaskan, refreshing kader ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan kader dalam penanganan kasus stunting dan kematian AKI/AKB.

“Peserta terdiri tujuh desa yakni Desa Cibadak, Kawungluwuk, Rawabelut, Ciwalen, Pakuon, Sukaresmi, dan Cikanyere. Dengan jumlah peserta sekitar 300 orang yang terdiri dari satu posyandu lima orang kader,” jelasnya.

Untuk saat ini berkat kerjasama semua pihak kasus stunting sudah menurun di Desa Ciwalen dan Desa Rawabelut. Sehingga untuk lebih memberikan semangat kepada para kader pihaknya menggelar refreshing kader.

“Kami memberikan semangat para kader, selain pemberian materi, untuk memeriahkan acara, panitia mengadakan berbagai perlombaan untuk para kader Posyandu,” tuturnya.

Menurutnya kegiatan ini merupakan ungkapan terima kasih pada kader Posyandu di Kecamatan Sukaresmi, karena sudah bekerja tanpa lelah membantu puskesmas.

”Tujuan kegiatan refreshing kader ini, adalah bentuk penyemangat kerja dan menghilangkan rasa jenuh, lantaran dalam satu tahun mereka fokus  bekerja tanpa lelah. Selain itu, untuk mempererat tali silaturahmi sesama kader posyandu di Kecamatan Sukaresmi,” paparnya.

Diharapkan kepada para kader posyandu, untuk kedepannya lebih semangat lagi dalam meningkatkan pelayanan masyarakat dan mengajaknya agar mau ke posyandu.

” Semoga lebih termotivasi dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bisa lebih semangat lagi dalam bekerja,” pungkasnya.

Camat Sukaresmi Firman Efendy mengapresiasi kegiatan para kader posyandu Sukaresmi. Dirinya berharap untuk kedepannya  lebih ditingkatkan lagi. Supaya para kader posyandu bisa menyelesaikan tugasnya dengan maksimal.

” Saya berharap, para kader posyandu ini, bisa merubah prilaku masyarakat, dan bisa mengatasi permasalahan kesehatan dilingkungannya, dengan harapan derajat kesehatan masyarakat di Sukaresmi lebih baik lagi,” ujarnya.

Kepala Desa Ciwalen Budiyanto menambahkan, acara ini merupakan refreshing para kader Posyandu. Konteknya ini merupakan penyegaran kembali dari rutinitas yang setiap waktu dilaksanakan.

“Alhamdulillah berkat dukungan semua stunting turun ke 40 persen. Pasalnya dari 50 yang stunting kini turun sampai 20 orang itupun bukan kategori merah, namun kuning ke hijau,” ungkapnya

Diakuinya kegiatan  ini merupakan refreshing atau temu kangen kader posyandu yang memang sangat bagus sekali.

“Dengan adanya acara ini, diyakini bisa terjalin silaturahmi dan menambah ilmu-ilmu pembekalan untuk kedepannya bagi kami, sebagai kader posyandu,” pungkasnya. (Fhn)

Artikulli paraprakSebanyak 27 anak SD dan TK di Sukanagara Cianjur Keracunan Makaroni
Artikulli tjetërAnggota Pramuka Wajib Tahu, Inilah Sosok Pencipta Lagu ‘Permintaan Api Unggun’