Kepala Puskesmas Purwaharja II, Enjang Suryana (ketiga dari kiri) saat memberikan pelayanan kesehatan kepada Darta (75), warga dusun Pasirkeutik, RT 24/10, Desa Mekarharja, Kelurahan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (31/1/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Darta (75), warga dusun Pasirkeutik, RT 24/10, Desa Mekarharja, Kelurahan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, mendapat pelayanan kesehatan dari petugas Puskesmas Purwaharja II setelah dinding rumahnya ambruk akibat hujan deras pada Jumat (26/1/2024) sore.

Pemeriksaan kesehatan ini menjadi tindak lanjut dari instruksi Camat Purwaharja, Rina Purnama Sari, sebagai upaya mendukung korban bencana.

“Kami memberikan pelayanan kesehatan kepada Darta, orang tua dari Rina Karlina, yang menderita penyakit ISPA,” ungkap Enjang Suryana, Kepala Puskesmas Purwaharja II kepada pasundannews.com, Rabu (31/1/2024) pagi.

Pemeriksaan mencakup cek gula darah dan berbagai aspek lainnya, yang menunjukkan hasil dalam batas normal.

Dalam upayanya memberikan perawatan terbaik, petugas kesehatan Puskesmas Purwaharja II juga memberikan obat kepada Darta. Langkah ini diambil untuk memastikan kondisi kesehatan korban tetap terjaga setelah kejadian tragis tersebut.

“Kami berharap Pak Darta dapat pulih dengan cepat dan dapat kembali menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik,” kata Enjang.

Pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memberikan dukungan lebih lanjut kepada korban bencana.

Pelayanan kesehatan ini juga menjadi perhatian Camat Purwaharja, Rina Purnama Sari, yang menegaskan pentingnya koordinasi antar instansi dalam menanggapi bencana seperti ini.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan bantuan dan dukungan maksimal kepada warga yang terdampak,” ujar Rina Purnama Sari.

Kejadian ini menjadi peringatan akan urgensi peran Puskesmas dalam situasi darurat. Puskesmas Purwaharja II berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat di tengah berbagai tantangan, termasuk dalam menghadapi dampak bencana alam.

Dalam pemeriksaan kesehatan, juga dihadiri oleh Danramil Banjar, Mayor Inf Dedi Suhendi, Kapolsek Purwaharja, Iptu Ahmad Iskandar, Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa Mekarharja, serta aparatur desa Mekarharja. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKPU Kota Banjar Sukses Gelar Simulasi Pencoblosan dan Penghitungan di Desa Neglasari
Artikulli tjetërMasa Tahapan Kampanye, Panwascam Kertasari Cegah Pelanggaran Pemilu