Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc., Ip., M.Si. dalam kegiatan Sosialiaasi 4 Pilar Kebangsaan di Aula Gedung Sekretariat Forum Ketahanan Bangsa (FKB) Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa menyebut bahwa urgensi ideologi Pancasila menjadi kunci tumbuhkan spirit kebangsaan.

Hal itu disampaikan Agun dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama para pemuda dan tokoh masyarakat di Aula Forum Ketahan Bangsa (FKB), Kelurahan/Kecamatan Ciamis, Jumat (15/4/2022).

Lanjut Agun, selain menjadi kunci tumbuhkan spirit kebangsaan juga sekaligus merekonstruksi tata kelola kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan ideologi Pancasila.

“Sekaligus juga merekonstruksi tata kelola kehidupan berbangsa dan bernegara yang tentunya sesuai dengan ideologi Pancasila,” kata Agun.

Menurutnya, derasnya isu-isu global dan ideologi transnasional yang mengikuti arus digital dan fenomena pandemi berpotensi mereduksi dan mendegradasi ideologi bangsa.

“Selain itu juga berbagai isu SARA yang berkembang akhir-akhir ini, sedikit banyak telah mencederai suasana kebatinan kebangsaan antara kita,” ungkapnya.

Lebih lanjut Agun menyebutkan, semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara harus direkonstruksi baik secara paradigma maupun tata kelola sesuai dengan kaidah pancasila.

Baik pada aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, sampai pada sistem pertahanan dan keamanan negara

Karena menurutnya, hal itu menjadi penting agar mampu menghadapi dan menyelesaikan berbagai problematika yang diakibatkan oleh ekses negatif pandemi dan hantaman kepentingan global.

“Maka langkah ideologisasi menjadi satu langkah penting dalam menjaga ketahanan nasional pada semua bidang kehidupan,” jelasnya.

Artikel sebelumyaBantu Masyarakat, Serdik Sespimmen Polri Angkatan ke-62 Donorkan Darah
Artikel berikutnyaKonsistensi Kaderisasi, HMI Universitas Galuh Ciamis Lahirkan Komisariat Baru