Ketua Badan Kajian MPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.,Ip.,M.Si. Foto/Hendry. PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam kondisi negara yang sedang di uji musibah pandemi Covid-19 dan tekanan ekonomi yang luar biasa.

Negara memerlukan langkah-langkah strategis dan komitmen yang tinggi dari semua pihak.

Mulai dari pucuk pimpinan negara sampai kepada masyarakat, dengan mengimplementasikan sikap Toleransi, Kolabarasi dan Konsistensi.

Hal teraebut disampaikan Ketua Badan Kajian MPR RI, Agun Gunanjdar Sudarsa dalam acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama tokoh masyarakat, Sabtu (13/3/2021) di Hottel Priangan Ciamis.

“Kita memiliki ideologi yang luar biasa, Pancasila, yang mengajarkan nilai-nilai gotong royong dan kekeluargaan, menghendaki persatuan bangsa yang dilandasi nilai kemanusiaan dan nilai religius,” paparnya.

Dengan modal nilai-nilai tersebut, kata Agun akan memeberikan sikap optimisme dan semangat yang tinggi untuk mampu keluar dari ujian ini.

“Untuk mengimplementasikannya, maka diperlukan sikap toleransi yang tinggi atas semua perbedaan yang kita miliki,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Agun, diperlukan juga tindakan kolaboratif, bekerja sama antar semua pihak tanpa mempersoalkan perbedaan.

Juga diperlukan sikap konsisten terhadap nilai-nilai yang sudah disepakati bersama. Sehingga apa yang menjadi tujuan dapat tercapai secara bersama pula.

Sikap toleran, tindakan kolaboratif, dan sikap konsisten tersebut akan berhasil diterapkan jika dilandasi oleh perilaku yang jujur.

Dengan saling menghargai dan tidak saling merendahkan, saling berbagi dan tidak saling menyalahkan.

“Insyaallah dengan langkah dan komitmen tersebut kita akan keluar dari permasalahan dan kembali mampu menatap masa depan bangsa lebih baik,” jelasnya.

Artikulli paraprakAnggota Bawaslu RI Rahmat Bagja Resmikan PPID Bawaslu Kabupaten Ciamis
Artikulli tjetërKurangnya Gedung Vaksinasi, Ridwan Kamil Ajak EO Bermitra