Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya saat tiba di Pendopo Ciamis disambut gembira Pasukan Ungu (petugas kebersihan) DPRKPLH Ciamis usai mengikuti kegiatan arak-arakan Anugrah Adipura Kencana, Rabu (6/3/2024). Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Adipura Kencana bagi Kabupaten Ciamis merupakan penghargaan pertama kalinya yang diraih oleh Tatar Galuh.

Diketahui, Kabupaten Ciamis menorehkan sejarah baru dengan meraih penghargaan tersebut sekaligus Kabupaten/Koya pertama di Jawa Barat.

Penghargaan ini sebagai tanda bukti nyata komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Anugrah Adipura Kencana merupakan penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada kabupaten/kota yang menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup terbaik.

Adipura Kencana tersebut, sebagaimana pantauan PasundanNews.com, pada Rabu (6/3/2024), diarak mengelilingi wilayah kota di Kabupaten Ciamis.

Berlangsung pada Rabu 6 Maret 2024, start arak-arakan Anugrah Adipura Kencana dimulai pukul 10.00 WIB di P2B Cihaurbeuti Ciamis.

Kemudian menuju Simpang Tonjong, lalu melewati Gelanggang Galuh Taruna Ciamis.

Dilanjut ke Simpang Kodim 0613/Ciamis, melewati Alun-alun Ciamis, dan finish di Setda (sekretariat daerah) Pendopo Kabupaten Ciamis.

Apresiasi Pemda Ciamis

Kepala Dinas PRKPLH (Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) Ciamis, Taufik Gumelar, menyampaikan rasa bangganya.

Menurut Taufik, kunci keberhasilan Ciamis dalam meraih Adipura Kencana adalah sinergi antara pemerintah dan masyarakat

“Kami terus berupaya membuat regulasi, fasilitas, dan metode agar pengolahan sampah lebih optimal. Dimulai dengan menata tempat sampah, membuat inovasi-inovasi sehingga pembangunannya bisa bermanfaat untuk keberlanjutan,” ujar Taufik usai acara arak-arakan di Pendopo Bupati Ciamis.

Ia melanjutkan, penghargaan ini diraih melalui proses penilaian yang ketat. Dengan meliputi berbagai aspek seperti pengelolaan sampah, ruang terbuka hijau, dan kualitas udara.

Peran Serta Masyarakat dalam Menjaga dan Melestarikan Lingkungan 

Adipura Kencana, saat Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan pandangannya, tidak bisa dilepaskan dari peran masyarakat Ciamis.

“Peran serta masyarakat sangatlah besar dan menjadi nilai unggul dalam meraih penghargaan ini. Oleh karenanya patut diapresiasi semua pihak,” kata Herdiat.

Ia menuturkan, Pemda Ciamis dengan segala keterbatasan, namun dengan kekuatan masyarakat, bisa meraih prestasi Adipura Kencana sekaligus menjadi Kabupaten/Kota pertama di Jawa Barat.

“Alhamdulillah Ciamis bisa meraih Adipura Kencana yang pertama dalam sejarah di Jawa Barat,” ungkapnya.

Hal ini menjadi motivasi bagi Pemkab Ciamis untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan hidup di wilayahnya.

“Dengan komitmen dan kerja sama dari semua pihak, Ciamis diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPocket Billiard Kota Banjar Berkomitmen Dukung Pemenuhan Hak Beribadah dan Syariah
Artikulli tjetërSambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, TK IT Ibnu Sina Kota Banjar Gelar Pawai Taaruf